Mohon tunggu...
Andrea Liliana
Andrea Liliana Mohon Tunggu... Editor - Writter

Menulislah yang bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mengapa Melanjutkan Pendidikan Begitu Penting? Simak Alasannya

8 Mei 2019   15:20 Diperbarui: 30 Juni 2021   13:36 3198 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengetahui alasan pentingnya melanjutkan pendidikan (pexels.com)

Kuliah menjadi salah satu jenjang pendidikan tertinggi yang ada saat ini, terdapat tiga tingkatan pendidikan mulai dari sarjana sampai doktor. Banyak masyarakat merasa berat untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat ini, pasalnya biaya yang dibutuhkan tidak sedikit terlebih jika memilih perguruan tinggi swasta. 

Namun ada juga yang memilih melanjutkan kuliah sambil kerja, karena ia merasa pendidikan satu ini sangatlah penting. Selain bisa memperluas wawasan, melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan juga menyediakan peluang pekerjaan yang lebih besar dibandingkan jenjang di bawahnya.

Mengapa melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan penting? Simak yuk alasan lainnya:

Membuat peluang kerja lebih besar

Meski banyak di antara masyarakat yang sudah bergelar S1 atau D3 namun masih belum juga mendapatkan pekerjaan, namun hal ini terjadi pada segelintir orang saja dan kebanyakan lulusan universitas mudah diterima bekerja di berbagai perusahaan besar sekalipun. 

Ketika sebuah perusahaan mencari karyawan, yang pertama kali ditanyakan adalah lulus dari universitas mana atau tingkatan jenjang pendidikan mana yang terakhir di masuki. Semakin tinggi tingkat jenjang pendidikan yang dimiliki, maka semakin besar pula pihak perusahaan mempertimbangkan Anda bisa mengisi posisi di perusahaan tersebut.

Untuk pekerja kantoran atau karyawan di perusahaan biasanya tingkat pendidikan minimal adalah S1 (ada juga yang mensyaratkan lulus D3 minimal, sangat jarang perusahaan mencari lulusan SMA atau sederajat kecuali pada profesi tertentu). 

Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan namun terkendala masalah waktu karena sudah sibuk bekerja sebagai karyawan, bisa mengambil kuliah kelas karyawan yang melakukan pembelajaran pada malam hari atau pada weekend saja.

Membuat pola pikir lebih dewasa

Jenjang perkuliahan tentunya tidak sama dengan jenjang pendidikan tingkat SMA atau sederajat lainnya, pada jenjang ini pola pendidikan yang diterapkan tentu sangat berbeda dengan jenjang sebelumnya. 

Jika pada masa SMA siswa akan mendapatkan informasi secara penuh dari guru serta masih bisa mendapatkan tambahan informasi dari guru yang bersangkutan ketika mengerjakan tugas, namun pada jenjang perkuliahan biasanya mahasiswa akan lebih banyak belajar sendiri atau belajar secara mandiri mengenai materi yang tidak dipahaminya atau tugas yang sulit dikerjakannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan