Mohon tunggu...
Andini Harsono
Andini Harsono Mohon Tunggu... Freelancer - Traveler - Blogger - Freelancer

Mengurai dunia dengan rasa, pikir dan syukur... Salam sastra Salam budaya Salam berkarya FB : Andini Harsono Twitter : @andiniharsono Instagram : @andini_harsono

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Artikel Utama

Ketika Pandemi Membuka Ruang untuk Para Kreator

8 Februari 2021   17:03 Diperbarui: 9 Februari 2021   14:31 405
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Benarkah pandemi memberi kesempatan bagi seseorang untuk meningkatkan kualitas hidup? Menurut saya benar, salah satunya adalah para kreator.

Ketika pandemi terjadi, tentu saja kreator menjadi salah satu profesi yang terdampak secara ekonomi. Namun, bukan kreator namanya kalo tidak kreatif. Selain itu, banyaknya ruang untuk para kreator berkarya bisa menjadi wadah para kreator meningkatkan keahlian, menjaga eksitsensi, hingga mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Saya sebagai bagian dari teman-teman kreator pun sempat dibuat panik ketika pandemi menyerang. Tapi bukankah di balik satu kesulitan terdapat dua kemudahan?

Saya membuka diri dengan berbagi bersama teman-teman kreator lain, saling bertukar informasi dan belajar dengan mereka bagaimana menghasilkan karya yang baik, positif dan bermanfaat. Ternyata ruang para kreator semakin terbuka luas asalkan kita jeli melihat kesempatan itu.

Pandemi juga membawa banyak perubahan termasuk kebiasaan dan juga hobi. Selain hobi olahraga, sekarang orang lebih cenderung hobi menonton series di portal-portal nonton tayangan online baik yang berbayar maupun tidak, dan nonton video blog yang diunggah oleh para kreator. Saya salah satu orang tersebut hehe.

Supaya menjaga diri tetap positif dan optimis, saya melakukan hobi saya yaitu membaca, menulis dan sekarang membuat konten berupa video. Dari hobi saya itu membawa berkah mendatangkan rejeki. 

Nah, bagaimana caranya agar kesempatan mendapatkan rejeki dari jadi konten kreator sekaligus meningkatkan kualitas hidup terbuka lebih luas? Berikut ini saya ingin sharing beberapa hal yang telah saya lakukan sebagai seorang kreator selama masa pandemi.

Tuangkan Ide Jadi Karya dan Segerakan
Ketika mendapat ide meskipun sederhana segera eksekusi, baik berupa tulisan, foto atau video. Lakukan sebisa kita, dengan peralatan yang kita punya, dan jangan sungkan minta masukan/saran dari teman-teman kreator lain. Intinya, segerakan eksekusi idenya, jangan sampai idenya jadi basi atau sudah ada yang buat.

Memperbanyak Referensi
Sebagai seorang konten kreator pasti yang dibutuhkan adalah referensi konten yang sesuai dengan niche kita. Misalkan kalau saya memilih traveling dan lifestyle sebagai niche, maka saya akan banyak mengikuti konten kreator lain dengan niche yang sama untuk saya jadikan pandangan. Dari sana juga terkadang ide-ide muncul, maka jangan ragu memperbanyak referensi agar konten kita segera terwujud.

Ilustrasi Diskusi dan mencari referensi doc. canva
Ilustrasi Diskusi dan mencari referensi doc. canva

Pelajari Aplikasi yang Ada
Perkembangan teknologi sudah semakin wow. Banyaknya aplikasi-aplikasi baru yang mempermudah keberlangsungan hidup manusia menuntut kita untuk lebih cerdas menggunakannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun