Mohon tunggu...
Andini Harsono
Andini Harsono Mohon Tunggu... Freelancer - Traveler - Blogger - Freelancer

Mengurai dunia dengan rasa, pikir dan syukur... Salam sastra Salam budaya Salam berkarya FB : Andini Harsono Twitter : @andiniharsono Instagram : @andini_harsono

Selanjutnya

Tutup

Financial Artikel Utama

Pentingnya Siapkan Dana Darurat bagi Seorang Freelancer

25 Maret 2020   16:18 Diperbarui: 28 Maret 2020   00:50 821
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi freelancer. (sumber: omgimages via kompas.com)

Halo sahabat semua apa kabar? Semoga dalam keadaan baik dan sehat ya. Di tengah wabah Covid-19 sekarang ini, kita harus benar-benar fokus pada kesehatan dan kebersihan diri sendiri, keluarga serta lingkungan. 

Sebenarnya banyak pesan positifnya. Kita jadi lebih aware sama kehidupan. Iya gak sih?

Covid-19 tentunya merupakan cobaan besar bagi kita semua sedunia. Tapi kita harus tetap optimis bahwa kejadian ini akan segera berlalu dan semua akan jadi lebih baik lagi. Dampak dari Covid-19 ini sangat terasa bagi seorang freelancer seperti saya ini. 

Sejak dinyatakan sebagai wabah pada bulan Februari lalu dan masuk ke Indonesia sejak awal Maret, pemerintah memberlakukan sistem Work From Home (WFH) atau diam di rumah saja secara otomatis semuanya menjadi "diam". 

Meskipun di awal tahun merupakan waktu-waktu jarang ada pekerjaan namun tahun 2020 ini sangat berat karena adanya wabah ini.

Foto oleh akun.biz
Foto oleh akun.biz
Sejak memutuskan untuk menjadi pekerja mandiri tahun 2017 silam, saya sudah paham betul ritme kerjaan. Kapan waktu sibuk alias banyak kerjaan, kapan waktunya santai atau sepi kerjaan. 

Biasanya kalau pas sepi kerjaan, saatnya saya gunakan untuk memberi penghargaan atas kerja keras diri sendiri yaitu dengan berlibur. Tahun 2020 tentunya semua menjadi "diam" baik pekerjaan maupun berlibur.

Sejak memahami pekerjaan yang saya pilih, sejak itulah saya memahami betapa pentingnya menyiapkan dana darurat serta investasi. Jujur saja, selama saya menjadi karyawan, entah kenapa saya tidak pernah berpikir tentang dana darurat. Boro-boro, punya tabungan aja tipis banget. 

Namun, ketika saya berkomitmen memberanikan diri untuk mandiri, maka mindset saya pun berubah. Saya mulai sadar menabung, sadar menyiapkan dana darurat bahkan sudah mulai investasi meskipun investasi ringan.

Dana Darurat.

Dana darurat ternyata penting banget bagi siapa saja, profesi apa saja apalagi seorang pekerja lepas. Saya garis bawahi, dana darurat itu penting banget. Bayangkan sesuatu yang tiba-tiba terjadi seperti Covid-19 ini kalau kita tidak siap, apa jadinya? Sudah harus memikirkan bagaimana supaya terhindar dari virus itu, stress pula dompet kosong.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun