Mohon tunggu...
andi nasywan
andi nasywan Mohon Tunggu... Andi Nasywan XI IPS 1 (04)

Pelajar SMAN 28

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Cara Mencuci Motor Mudah!

10 Oktober 2020   23:17 Diperbarui: 10 Oktober 2020   23:25 16 3 1 Mohon Tunggu...

Seperti manusia, motor juga perlu dimandikan dengan cara dicuci menggunakan air dan sabun khusus. Motor harus rajin dicuci agar tetap bersih dan terhindar dari karat. Caranya mudah namun masih banyak orang yang salam dalam tahapannya. Berikut simak caranya.

Siapkan air. Dapat menggunakan ember, tapi lebih baik jika menggunakan air ledeng dengan selang.
Spons dan sikat yang halus.
Kain lap.
Sabun atau shampo khusus cuci motor.  Setelah semua sudah siap, yuk simak caranya!

Pertama, semprot atau siram motor dengan air bersih secara merata.

Kedua, siapkan air dalam ember dan campurkan dengan shampo atau sabun cuci khusus motor, lalu gunakan spons untuk membersihkan motor secara merata. Untuk noda membandel seperti lumpur kering, tempelkan spons basah pada kotoran tersebut selama beberapa saat untuk melunakan, jika cukup cobalah untuk menggosok kotoran tersebut agar terlepas.

Ketiga, ambilah sikat. Jika tidak ada, bisa menggunakan sikat gigi bekas ataupun kuas cat. Mulailah untuk membersihkan daerah motor yang terletak dibawah dan ditempat2 yang sekiranya banyak terdapat kotoran.

Keempat, bilas seluruh bagian motor menggunakan air bersih. Dapat disiram menggunakan gayung, atau dapat juga disemprot menggunakan air ledeng. Pastikan sisa sabun sudah dibilas hingga bersih.

Kelima, Jika sudah bersih, biarkan motor diangin-anginkan sebentar. Lalu ambil lap,lap seluruh bagian motor untuk menghilangkan bercak-bercak air yang tertinggal dan mengering sehingga sepeda motor mengkilap kembali. Jika perlu, dapat pula menggunakan semir ban untuk memoles roda agar terlihat hitam mengkilat seperti baru.

Begitulah tahapan mencuci motor yang baik dan benar. Tunggu apalagi! Segera cuci motor kalian sekarang.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x