Program Bhakti Akademisi adalah salah satu program yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Negeri Semarang (UNNES). Program ini bertujuan membekali mahasiswa dengan ilmu, keterampilan, dan pengalaman yang diperlukan untuk melakukan pengabdian di berbagai lingkungan, baik di lembaga pendidikan seperti sekolah maupun di masyarakat. Melalui kegiatan ini, mahasiswa diarahkan untuk meningkatkan kepedulian sosial serta memperkuat semangat berkontribusi dalam pembangunan bangsa, khususnya dalam bidang pendidikan dan pembentukan karakter.
Andika Budi Raharjo salah satu mahasiswa PGSD UNNES dengan dosen pengampu mata kuliah IPA Terapan yaitu Aldina Eka Andriani S.Pd., M.Pd dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Drs. Isa Ansori, M.Pd berhasil melakukan kegiatan Bhakti Akademisi yang diadakan di SD Negeri 2 Nolokerto, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal. Kegiatan ini dilaksanakan bersama dengan guru dan peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Nolokerto, yang dimana kegiatan ini lebih difokuskan terkait pelatihan penggunaan bahan ajar interaktif berbasis canva for education pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS).
Pada hari senin tanggal 21 April 2025 saya bersama kelompok saya melakukan sosialisasi ke SD Negeri 2 Nolokerto untuk melakukan pelatihan bahan ajar interaktif berbasis canva for education dalam mata pelajaran IPAS materi transformasi energi. Pertama saya menemui Ibu Triyanti S.Pd. selaku wali kelas/guru kelas IVB, selanjutnya pada tanggal 24 April 2025 saya melaksanakan pendampingan terhadap guru kelas IVB dalam penerapan bahan ajar interaktif pada materi transformasi energi. Selama proses pendampingan, terlihat adanya peningkatan positif dalam aktivitas pembelajaran di kelas. Siswa menunjukkan respons yang lebih aktif dan antusias, serta terlihat lebih konsentrasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini mengindikasikan bahwa pemanfaatan multimedia interaktif mampu menarik minat siswa dan meningkatkan keterlibatan mereka secara lebih maksimal.
Sementara itu juga, guru kelas dan peserta didik kelas IVB memberikan tanggapan yang positif terhadap penggunaan bahan ajar interaktif tersebut. Saya juga menyuruh guru dan peserta didik memberikan testimoni dari bahan ajar interaktif yang telah saya buat
Testimoni dari guru dan siswa kelas 4 tentang media bahan ajar interaktif yang telah digunakan saat pembelajaran:
Dari guru: materinya sangat bagus, sangat mudah untuk dipahami anak-anak dan bahan ajar interaktif yang dibuat dari canva ini membuat anak-anak semangat untuk belajar, dan sangat menarik untuk anak-anak, sehingga hasil belajarnya sangat juga lebih baik dari sebelumnya.Â
Dari siswa: media yang dibuat bagus dan materi yang disajikan mudah dipahami.
Guru dan peserta didik merasa bahwa keberadaan bahan ajar interaktif ini sangat membantu memudahkan dalam penyampaian materi dan juga meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep yang dipelajari. Selain itu, tampilan visual yang menarik dan fitur interaktif di dalamnya mampu menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan. Peserta didik menjadi lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan lebih mudah fokus pada materi yang disampaikan. Guru pun merasa lebih leluasa dalam mengelola waktu dan strategi pengajaran di kelas. Secara keseluruhan, bahan ajar interaktif ini memberikan dampak positif terhadap efektivitas proses pembelajaran.Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI