Mohon tunggu...
Ana Pariha
Ana Pariha Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Seorang Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa Mahasiswa KKN-PLP Terpadu Unram Adakan Sosialisasi Kewirausahaan

7 Februari 2023   07:24 Diperbarui: 7 Februari 2023   07:55 219
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bantu Tingkatkan UMKM Desa Buwun Sejati Kecamatan Narmada, Mahasiswa KKN-PLP Terpadu Unram Mengadakan Sosialisasi Kewirausahaan dengan Tema "Peran Penting Branding Untuk Produk UMKM"

Kamis, 2 februari 2023


Semakin banyak UMKM yang muncul, maka akan tercipta persaingan pasar yang jauh lebih ketat. Oleh karenanya,pentingnya peningkatan UMKM secara mendasar agar setiap UMKM memiliki daya saing yang kuat. Tentu saja, dengan daya saing yang kuat, eksistensi UMKM akan cenderung lebih terjaga dan tidak mudah goyah karena persaingan.

Berbicara tentang pengembangan UMKM, sebenarnya ada cukup banyak cara dan usaha yang bisa dilakukan. Salah satu yang sebenarnya cukup sederhana namun sangat penting adalah branding. Bisa dikatakan jika branding untuk pengembangan UMKM adalah strategi jitu menghadapi persaingan bisnis dan membuat UMKM memiliki nilai plus diantara usaha lainnya.

Terlebihnya melihat potensi yang ada di BUWUN SEJATI menambah eksistensi yang memiliki efek yang sangat berpengaruh,mulai dari potensi alam,wisata dll. Hal semacam itu mendorong Branding UMKM yang ada menjadi sangat mudah untuk di kembangkan.

Dengan permasalah yang ada pada Desa BUWUN SEJATI,kami dari KKN-PLP TERPADU mengadakan sosialisasi kewirausahaan yang bertemakan "peran penting branding usaha pada produk UMKM,mengapa hal semacam ini perlu untuk di sosialisasikan,melihat kondisi UMKM yang ada banyak diantara UMKM yang tidak memahami begitu pentingnya branding.

Pada kesempatan ini akan dibahas tentang pentingnya branding yang bisa menjadi alasan kenapa hal ini harus menjadi strategi pengembangan UMKM.

Berikut pentingnya branding:

1. Memberikan Daya Tarik Bagi Konsumen
Hal pertama dari branding adalah adanya daya tarik bagi konsumen. Dengan branding yang baik dan tepat, maka produk atau jasa UMKM akan mendapatkan daya tarik yang lebih maksimal. Jika ada dua produk yang sama persis, maka UMKM yang memiliki branding yang lebih baik-lah yang memiliki peluang besar mendapatkan konsumen yang baru.

2. Memudahkan UMKM Mendapatkan Loyalitas Pelanggan
Membantu usaha mendapatkan loyalitas konsumen dengan lebih mudah dan lebih maksimal. Dalam hal ini, jika branding untuk pengembangan UMKM yang secara langsung bisa mewakili keinginan dan kebutuhan dari konsumen, bukan tidak mungkin mereka akan senantiasa membeli produk atau menggunakan jasa yang disediakan.

Jika hal ini terjadi, maka promosi yang harus dilakukan pun tentu saja akan semakin mudah. Hanya saja, perlu memikirkan dengan matang bagaimana brand produk atau jasa yang digunakan.

3. Membuka Peluang Menetapkan Harga yang Lebih Tinggi
Efek psikologis dari konsumen ini tentu saja harus dimanfaatkan dengan baik. Dengan membangun brand yang tepat, maka akan ada peluang bagi UMKM untuk menetapkan harga produk atau layanan dengan lebih tinggi daripada harga sebelumnya. Tentu, strategi ini akan membantu UMKM untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan dan bisa berkembang dengan lebih baik di masa yang akan datang.

4. Menunjukkan Profesionalisme UMKM
Salah satu masalah yang jamak ditemukan pada UMKM adalah profesionalisme. Masih banyak awam yang memandang bahwa UMKM masih jauh dari kesan profesional dalam pengelolaan usaha, pembuatan produk, pemasaran dan lainnya. Di sisi lain masih banyak pula pelaku UMKM yang menganggap profesionalisme bukan hal yang penting.

Hal-hal semacam inilah yang sebenarnya menjadi batu sandungan bagi UMKM untuk berkembang ke arah yang lebih baik. Tidak hanya itu, jika kedua masalah tersebut masih terjadi, maka pandangan sebelah mata akan tetap melekat pada UMKM.

Nah, brand bisa mengubah cara pandang yang muncul sebagaimana sebelumnya. Dengan brand yang baik, maka akan ada kesan profesionalisme yang lebih baik pada UMKM. Tentu saja,tidak boleh bersembunyi di balik nama brand. Untuk membangun UMKM yang baik, profesionalisme di segala lini harus diusahakan. Hanya saja, brand bisa dijadikan semacam batu loncatan.

5. Membuat Target Market yang Lebih Terperinci
Hal lain yang menjadi masalah UMKM adalah target market yang tidak terperinci. Masalah ini tentu berpengaruh pada hasil pendapatan yang tidak maksimal. Nah, dengan branding yang baru, bisa membuat target market yang lebih spesifik. Buat brand yang bisa mewakili keinginan target market dan dapatkan manfaatnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun