Mohon tunggu...
Anang Syaifulloh
Anang Syaifulloh Mohon Tunggu... Akun Pribadi

Pengagum Bapak Soekarno, namun untuk masalah wanita belum seahli beliau

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mitos-mitos yang Menguntungkan

18 Maret 2019   16:00 Diperbarui: 18 Maret 2019   16:08 109 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mitos-mitos yang Menguntungkan
Sedekah kepada manusia, sedekah ke alam, konsultasisyariah.com

Ada satu yang unik ketika melihat Youtube Letto yang berjudul Letto ke Mandar - Pertemuan Agung. Ketika mampir di sebuah masjid, pemandangan unik terlihat di sisi kiri dan kanan jalan. Pengendara banyak yang turun dan mendekati masjid tersebut.

Masjid tersebut bernama Nurut Taubah atau dikenal dengan sebutan masjid Imam Lapeo. Masyarakat sekitar bahkan dari luar percaya jika bersedekah dengan ikhlas di masjid ini akan dimudahkan rezekinya dan selamat dalam perjalanan.Uniknya letak kotak amal berada di luar masjid. Inilah alasan banyak pengendara yang turun dari kendaraannya.

Imam lapeo sendiri adalah tokoh agama yang sangat disegani di Sulawesi. Beliau pernah menuntut ilmu kepada Syekhona Mbah Kyai Kolil di Bangkalan, Madura. Semasa dengan Hasyim Ashari dan Muhammad Darwis. Bertiga, mereka menuntut ilmu sampai ke Mekah sambil menunaikan ibadah haji.

Peran penyebaran Imam Lapeo sangat besar di Sulawesi. Dakwah Imam Lapeo dikenal menggunakan metode sederhana yang berlandaskan nilai-nilai budaya lokal. Setelah berpindah-pindah akhirnya beliau menetap di Lapeo dan disebut Imam Lapeo.

Inilah yang menjadi sebab ketaatan dan penghormatan masyarakat kepada Imam Lapeo dan masjidnya. Entah siapa yang memulai, kegiatan sedekah di masjid ini menguntungkan. Sedekah memang memudahkan rezeki dan mendatangkan keberuntungan. Tapi dengan metode seperti ini, masyarakat seperti diajak bersedekah dengan mengiringinya sebuah mitos.

Mircea Eliade dalam bukunya Myth and Reality mengatakan bahwa mitos sebagai bagian atau manifestasi religi masyarakat mempengaruhi cara berpikir dan cara hidup masyarakat. Mitos akan menjaga moralitas masyarakat. Mitos dan pemahaman religius apa pun akan merupakan bagian dari keseluruhan sistem hidup manusia. Di bawah ini ada beberapa mitos-mitos yang menguntungkan.

Mitos Merapi

Travel.detik.com
Travel.detik.com
Orang Jawa meyakini ada garis imajiner yang menghubungkan letak Gunung Merapi dengan Tugu Yogyakarta, Kraton Ngayogyakarta dan Laut Selatan yang memunjukkan tiga simbl kekuasaan Jawa yaitu: Gunung Merapi (api), Kraton Mataram (udara) dan Laut Selatan (air).

Presepsi kemudian berkembang adanya perkawinan Gunung Merapi dan Laut selatan yang menciptakan kesuburan alam. Sehingga setiap tahun ada sesajen ke Gunung Merapi dan Laut Selatan yang dikenal dengan nama upacara labubahan dan larung.

Sesajen ini sebagai wujud hubungan manusia dan alam dalam konsep jawa Hamengmayu Hayuning Bawana. Mitos-mitos Gunung Merapi tersebut membawa dampak dalam rangka melestarikan ekosistem lereng Merapi. Larangan meremput, dan menebang pohon di tempat-tempat angker atau sakral atau memindahkan benda-benda (batu) di tempat angker.

Mitos Hutan Keramat Suku Baduy

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN