Mohon tunggu...
Ananda AuroraKhaerunisa
Ananda AuroraKhaerunisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Negeri Semarang

Mahasiswa Universitas Negeri Semarang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pasar Tradisional di Indonesia

28 Maret 2023   12:23 Diperbarui: 28 Maret 2023   12:28 156
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PASAR TRADISIONAL

 

Ananda Aurora Khaerunisa

FIS Universitas Negeri Semarang

ABSTRAK

            Pasar tradisional adalah sebuah tempat jual beli dimana berbagai jenis barang diperjual belikan di tempat ini mulai dari pakaian, makanan, alat dan bahan makanan, peralatan rumah tangga, perlengkapan sekolah dan masih banyak lagi. Pasar tradisional memainkan peran prenting dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, terutama di daerah pedesaan pasar tradisional menjadi satu satunya pusat perbelanjaan yang diandalkan oleh masyarakat. Meskipun demikian, pasar tradisional sering menghadapi berbagai tantangan, diantaranya seperti persaingan dengan pasar modern, perkembangan zaman yang membawa perubahan gaya hidup pada masyarakat Indonesia juga mengubah cara masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam rangka menghadapi permasalah ini maka diperlukan penyelesaian masalah untuk meningkatkan kualitas pasar tradisional. Seperti diantaranya kualitas dalam kebersihan, kualitas produk dan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, serta meningkatkan kualitas SDM pedagang yang bisa dilakukan dengan sosialisasi oleh mahasiswa.

Kata Kunci : Pasar Tradisional

ABSTRAC

            Traditional market are a buying and selling place where various types of goods are traded in this place, ranging from clothing, food, tools and food ingredients, household appliances, school supplies and much more.  Traditional markets play an important role in meeting the needs of the Indonesian people, especially in rural areas, traditional markets are the only shopping centers that the community relies on.  Nonetheless, traditional markets often face various challenges, such as competition with modern markets, developments in the era that have brought changes in lifestyle in Indonesian society have also changed the way people meet their needs.  In order to deal with this problem, it is necessary to solve problems to improve the quality of traditional markets.  Such as quality in cleanliness, quality of products and services tailored to consumer needs, as well as improving the quality of human resources for traders which can be done by outreach by students.

Keywords : Traditional Market

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun