Mohon tunggu...
AMSAL AMERTANDHANI SETYONO
AMSAL AMERTANDHANI SETYONO Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Airlangga

Saya adalah manusia yang suka tantangan

Selanjutnya

Tutup

Diary

Have The Courage to Make Choices in Your Life

14 Juni 2022   22:35 Diperbarui: 14 Juni 2022   22:46 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Saya sempat bersikeras untuk menjadi atlet badminton, latihan pagi sebelum sekolah dan sore setelah sekolah setiap hari saya lakukan, sehingga saya sering untuk ketinggalan pelajaran, tetapi seiring waktu saya mulai berpikir ke depan apakah saya benar-benar tetap kekeh untuk menjadi atlet? karena apa yang saya dapatkan ketika turnamen adalah kekalahan, kekalahan, kekalahan, dan target tidak tercapai. Hingga akhirnya di saat pandemi saya memutuskan untuk keluar (badminton) dan fokus melanjutkan studi, keputusan itu tidak memberikan penyesalan pada saya meskipun banyak energi dan waktu yang saya gunakan untuk latihan tetapi saya tetap mendapat banyak pelajaran dari menjadi atlet.

Karena ada dua jalan pada saat itu dan saya memilih jalan satunya dan siap untuk menghadapi resikonya apapun itu, dan ketika keputusan dibuat akan membuat jalan-jalan baru meskipun saya tidak tahu kedepannya seperti apa. Fotografi adalah hobi baru saya, pada saat 'weekend' saya hampir selalu keluar untuk mencari spot foto, dan untuk mempertajam kemampuan fotografi. Fotografi menurut saya tidak hanya seni potret foto, tetapi apa cerita yang ingin kita sampaikan kepada orang yang melihatnya, selain itu dengan hobi baru ini saya menjadi sering keliling Surabaya dan suka menyasar ke jalan-jalan baru yang saya tidak ketahui sebelumnya. 

Hobi baru ini juga memberikan keuntungan bagi public speaking saya, karena saya berkomunikasi dengan orang baru di wilayah baru. Hal tersebut juga melatih kemampuan listening, karena saya mendengar cerita-cerita baru yang unik mulai dari orang yang memiliki warung kopi justru mempunyai masa lalu yang sungguh luar biasa, beliau dulunya adalah seorang pelukis, dan mempunyai beragam koleksi perangko, koin, hingga lukisan sejarah penting Indonesia maupun luar negeri, dan menariknya sebagian koleksinya ada yang diambil dari tempat sampah, sungguh menarik. Itu adalah salah satu cerita yang saya dapat dari beragam orang yang saya foto.

Dari cerita tersebut saya ingin menyampaikan bahwa pengalaman itu bisa didapat ketika kita bisa keluar dari zona nyaman, meskipun kadang tidak sesuai dengan ekspektasi kita tetapi hal tersebut memberikan pelajaran baru bagi kita untuk menjadi orang yang lebih baik lagi. Sekarang fotografi menjadi salah satu pelarian saya ketika stress dan capek, saya menilai itu adalah pelarian positif yang memberikan pengalaman baru untuk saya. Jadi apapun jalan yang dipilih pastinya akan memberikan pelajaran baru bagi kita semua.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun