Amril Taufik Gobel
Amril Taufik Gobel Mohon Tunggu... Insinyur - Smiling Blogger, Restless Father, Lovely Husband and George Clooney wannabe :) See my Blog: http://daengbattala.com

Amril Taufik Gobel lahir di Makassar, 9 April 1970 dan lulusan Fakultas Teknik Jurusan Mesin UNHAS Angkatan 1989. Saat mahasiswa, pernah menjabat sebagai Redaktur Pelaksana Penerbitan Kampus Identitas (1992-1993) dan pendiri sekaligus Pemimpin Redaksi Surat Kabar Mahasiswa Fakultas Teknik UNHAS "Channel 9" (1991-1992). Seusai diwisuda tahun 1994, ia merantau ke Jakarta. Saat ini bekerja sebagai Direktur Eksekutif PT KPM Oil & Gas, Jakarta dan berdomisili di Cikarang. Ayah 2 anak ini juga mengelola blog pribadinya di www.daengbattala.com (pernah memenangkan blog favorit kategori Bahasa Indonesia dalam Lomba Blog International yang diadakan oleh The Bobs pada tahun 2010) serta menjabat sebagai Vice President Asean Blogger Chapter Indonesia sejak 2011. Telah menghasilkan 3 buku dari aktifitasnya ngeblog dan 2 diantaranya diterbitkan secara self publishing lewat www.nulisbuku.com

Menikmati Arung Jeram Arus Liar Sungai Citarik

2 Mei 2011   05:33 Diperbarui: 26 Juni 2015   06:10 3403

Matahari pagi belum muncul saat hari Sabtu 30 April 2011 saya berangkat meninggalkan rumah menuju ke kantor. Saya melirik arloji di tangan. Masih pukul 04.50, saya membatin. Kami mesti kumpul paling lambat pukul 06.00 pagi agar bisa berangkat menuju lokasi Arung Jeram, Arus Liar, Citarik Sukabumi. Untunglah masih sempat sholat subuh sebelum berangkat, saya mengucap syukur dalam hati. Taksi yang saya tumpangi meluncur mulus menembus gelap malam.

Saya tiba di kantor tepat pukul 05.30 WIB. Kondisi jalan yang tidak macet cukup membantu banyak sehingga perjalanan saya menjadi lebih lancar. Setelah membayar ongkos taksi, saya akhirnya menyapa kawan-kawan yang lebih dulu datang termasuk Manager Operasional kami Mr.Murray Lumsden yang akan memimpin rombongan Divisi Operasional PT National Oilwell Varco Downhole Tools yang berjumlah 20 orang ini menjajal keberanian menaklukkan tantangan arung jeram  Arus Liar di Citarik, Sukabumi. Kami mengambil paket 2 jam Rafting Trip disana. Dengan berseragam kaos hijau berlogo NOV, rombongan kami naik ke atas bis Cahya Pariwisata yang "dipersenjatai" tidak hanya fasilitas AC dan Karaoke tetapi juga Wi-Fi. Mantap!. Ada 3 orang "wanita perkasa" yang ikut dalam rombongan kami yaitu Erika, Rumi dan Ningsih. Mereka bertiga terlihat tegar dan sangat antusias mengikuti Arung Jeram kali ini.

Perjalanan menuju Citarik sangat menyenangkan. Kami tidak menjumpai macet yang parah sebagaimana biasanya terjadi ketika akhir pekan tiba dimana banyak orang memilih untuk berlibur di Puncak. Mungkin karena kami berangkat lebih pagi. Kami bersendau gurau didalam bis selain itu kami pun bernyanyi bersama melerai rasa bosan sepanjang 3,5 jam perjalanan menuju Citarik.

Pemandangan indah banyak kami temui terutama ketika memasuki kawasan Citarik, dikiri kanan kami terlihat perkebunan Kelapa Sawit milik PTP VIII. Jalan yang berkelak-kelok menuju lokasi arung jeram Arus Liar seakan-akan menjadi "arung jeram darat" sekaligus menjadi "pemanasan" sebelum menuju "penaklukan tantangan" sebenarnya. Pukul 09.30 pagi kami tiba di lokasi Arung Jeram Citarik dan disambut hangat oleh Arus Liar penyelenggara kegiatan ini. Setelah berganti baju, kami diminta menyimpan ransel, kamera, dompet, dan handphone di loker yang disediakan. Saya sendiri sudah siap dengan kaos, celana pendek dan sandal gunung.

Kami lalu dibawa ke sebuah tempat dimana telah disiapkan pelampung badan, helm dan dayung sebagai bekal kami mengarungi Sungai Citarik. Setelah lengkap memakai perlengkapan pengaman, kami bersiap berangkat ke lokasi awal mula petualangan seru ini. Kami naik mobil pick-up dengan tempat duduk kayu disisi kiri dan kanannya. Saya duduk bersama Mr.Murray yang terlihat santai ikut nongkrong bersama kami, anak buahnya, diatas bak pick-up. Kurang lebih 5 km kami menuju tempat "start" menyusuri jalan bebatuan dan berkelak-kelok. Sebelum masuk perahu karet, kami diberikan "briefing" singkat lebih dulu oleh pemandu kegiatan. Kami lalu dibagi per perahu dengan masing-masing 6 orang tiap perahu. Nah, kebetulan, saya kebagian perahu khusus lelaki-lelaki montok dan hanya bermuatan 4 orang yakni Yaman (supir Mr.Murray), pak Miko dan pak Bintang dan saya tentu saja. Perahu kami dipandu oleh Nasir, "bay-watch"-nya Arus Liar yang memberikan instruksi-instruksi bagaimana kami mengendalikan perahu. Mulai dari Dayung Maju, Dayung Mundur, Geser Kiri, Geser Kanan hingga "Buum"!. Untuk yang terakhir ini adalah posisi ketika kita menghadapi turunan jeram yang curam atau menghindari ranting pohon di pinggir sungai dengan cara menundukkan badan. Kami lalu diminta duduk di pinggir perahu karet dan meletakkan kaki kami ditempat yang disediakan didalam perahu karet agar kondisi selalu stabil selama diombang-ambingkan arus sungai. Dalam hati terus terang terbersit kekhawatiran dihati saya, apalagi saya punya pengalaman traumatik naik Roller Coaster waktu di Hongkong Disneyland dulu. Arung Jeram ini adalah sebuah tantangan alam dan bukan artifisial. Jadi tentu saja lebih natural dan tentu saja jauh lebih berbahaya bila tak waspada.

"Mari kita berdoa dulu sebelum berangkat ya," kata Nasir. Kami pun khusyuk berdoa, setelah itu mengayuh perahu menuju arus sungai yang mengalir deras. "Lebih kompak ya, yuk..Dayuung Majuuuu!!," Dari belakang Nasir memberikan instruksi. "Awas lho Man, jangan becanda melulu, ini menyangkut nyawa dan keselamatan," kata Pak Miko dan kerap kami panggil "Ayah" di kantor karena usianya yang jauh lebih tua mengingatkan Yaman yang terus mengajak kami bercanda.