Lihat ke Halaman Asli

Tri Siwi Ageng Sukmawati

Ingin menjadi penulis industri

Strategi One Pit Stop Menangkan Lando Norris di GP Hungaria 2025

Diperbarui: 6 Agustus 2025   21:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lando Norris Menangkan GP Hungaria 2025 (Sumber: Motorsport.com)

Grand Prix Hungaria pada Minggu, 3 Agustus 2025 lalu jadi kemenangan ke 5 bagi Lando Norris di musim 2025 ini. Kemenangan pebalap Formula 1 asal Inggris tersebut semakin menipiskan jarak poin dengan rekan se-timnya, Oscar Piastri, dalam perebutan gelar juara WDC (World Driver Championship), yakni 9 poin. Wih, tipis banget, ya! Satu kemenangan lagi, dan kita akhirnya bisa lihat nama Lando di urutan pertama klasemen, nih! Kemenangan Lando di GP Hungaria 2025 ini ternyata pake strategi yang bisa dibilang nekat, yakni one pit stop. Kaya gimana sih, strategi itu? Simak penjelasan berikut! 

Apa sih Pit Stop itu? Kenapa harus Pit Stop?

Pit Stop McLaren di GP Hungaria 2025 (Sumber: McLaren)

Kemenangan Lando kemarin ternyata ada kisahnya. Jadi, seperti yang kita tahu nih, kalo selama balapan, pebalap biasanya melakukan pit stop buat ganti ban atau ganti kompartemen lain di mobilnya biar balapan jadi lebih maksimal. Pit stop biasanya dilakuin pas ban udah tipis atau ada crash yang mengharuskan seorang pebalap ganti kompartemen mobilnya biar bisa balapan lagi, tapi bisa juga kalau tiba-tiba cuaca ga mendukung pas lagi di tengah-tengah balapan, kayak di sirkuit Silverstone kemarin atau di sirkuit Spa-Franchorchamps kemarin dimana cuaca ekstrim mengharuskan pebalap untuk gonta-ganti ban. Nah pit stop ini bisa dilakukan beberapa kali, disesuaikan sama kebutuhan dan strategi tim, tapi yang paling umum dilakukan 2 kali. 

Strategi Dadakan untuk Pit Stop Lando Norris 

Nah, hubungannya apa sama kemenangan Lando Norris di GP Hungaria kemarin? Jadi, jumlah pit stop itu bisa dipake buat strategi tim biar menang. Satu pebalap itu bisa diminta untuk melakukan dua kali pit stop misalnya, satu pit stop di awal, dan satu di akhir, atau satu kali di lap pertengahan, dan satu kali di akhir tergantung gimana team strategist ngaturnya. Strategi pit stop ini namanya overcut dan undercut.

Undercut itu ketika seorang pebalap melakukan pit terlebih dulu dari rival di depannya, terus ganti ban baru. Keuntungannya adalah dia jadi aman dan lega nih karena ban nya lebih fresh dan baru, jadi bisa bertahan lebih lama dan secure position. Kalo overcut, seorang pebalap nge-pit lebih nanti dari rival di depannya, dan maksimalin pemakaian ban, ketika si rival harus minggir dan nge-pit, dia bisa pake momen itu untuk bisa unggul, dan akhirnya bisa finish lebih dulu. Pit stop ini gabisa sembarangan dilakuin guys, karena kalo terlalu awal bisa bikin gagal secure position dan malah ketinggalan, kaya situasinya Carlos Sainz di GP Emilia-Romagna, tapi kalau dilakuin terlalu nanti-nanti atau bahkan di lap-lap akhir, bisa berisiko memaksa pebalap ke pit karena habis ban di saat harusnya udah bisa finish, kaya yang terjadi sama Max Verstappen di GP Monaco 2025 kemarin. 

Itu penjelasan buat dua kali pit stop. Tapi Lando Norris di GP Hungaria 2025 kemarin melakukan hal yang bisa dibilang nekad dan beresiko tinggi, yakni melakukan satu kali pit stop. Pit stop yang cuma dilakukan sekali ini risikonya tinggi banget, karena kalau sampe salah perhitungan lap, harganya bisa kemenangan itu sendiri. Sebenernya strategi ini bukan rencana awal McLaren baik buat Lando Norris atau Oscar Piastri. Strategi ini bisa dibilang dadakan, setelah ngelihat Lando Norris yang stuck di belakang George Russel. Jadi daripada ngebikin Lando makin ketinggalan, akhirnya Lando diminta tim buat stay on track aja. Ternyata setelah dievaluasi, ban Lando ini bisa bertahan agak lama, sampe akhirnya nge-pit di lap 32 dari total 70 lap, alias nge-pit di lap tengah-tengah. Strategi ini bikin dia secure posisinya, karena di saat pebalap lain nge-pit di awal, Lando tetep di track, dan ketika yang lain di pertengahan ban nya mulai abis, dia ban nya baru dan lebih maksimal. Lando Norris maksimalin ban nya sampe akhir, di saat pebalap lain harus pit lagi, membuat dia stay on track dalam waktu selama mungkin. Wah, mantap banget!

Strategi yang Berbeda dari Piastri

Lando Norris dan Oscar Piastri di GP Hungaria 2025 (Sumber: Al Jazeera)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline