Lihat ke Halaman Asli

Nova

Mahasiswa STAI Bhakti Persada Majalaya Bandung

Strategi Bisnis: Mengenal Pasar dan Mengelola Produk serta Jasa

Diperbarui: 20 September 2025   10:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Strategi bisnis Nova: 2025

Dalam dunia bisnis yang terus berkembang, memahami siapa pelanggan kita dan bagaimana cara terbaik melayani mereka adalah kunci utama untuk bertahan dan berkembang. Tiga hal penting dalam strategi pemasaran modern adalah mengidentifikasi segmen pasar, menentukan target pasar, serta mengelola produk dan jasa dengan efektif.

  • Mengidentifikasi Segmen dan Target Pasar

Segmentasi pasar adalah proses membagi pasar ke dalam kelompok konsumen berdasarkan:

Geografis (lokasi),

Demografis (usia, jenis kelamin),

Psikografis (gaya hidup, nilai),

Perilaku (kebiasaan beli, loyalitas).

Setelah itu, perusahaan memilih segmen mana yang paling potensial untuk dilayani. Proses ini disebut penentuan target pasar, dan bisa dilakukan secara menyeluruh (massal), terbatas (niche), atau berbeda untuk setiap segmen (diferensiasi).

  • Strategi Produk

Produk tidak hanya soal barang, tetapi juga mencakup nilai, pengalaman, dan solusi bagi pelanggan. Beberapa langkah penting dalam strategi produk:

Diferensiasi: Menonjolkan keunikan produk dibanding pesaing.

Positioning: Menempatkan produk dalam benak konsumen sesuai citra yang diinginkan.

Siklus hidup produk: Menyesuaikan strategi sesuai tahap produk (peluncuran, pertumbuhan, matang, penurunan).

  • Merancang dan Mengelola Jasa
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline