Lihat ke Halaman Asli

marisa dyah

mahasiswa

Analisis Usaha Guru dalam Meningkatkan Literasi Membaca pada Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Sidodadi

Diperbarui: 14 Oktober 2025   20:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kemampuan membaca menjadi dasar proses belajar di sekolah. Siswa dengan kemampuan membaca yang baik akan lebih mudah memahami pelajaran lebih mudah,sedangkan siswa yang memiliki kesulitan dalam membaca cenderung akan tertinggal dalam belajar.Oleh karena itu, peningkatan literasi membaca menjadi fokus utama guru di sekolah dasar dasar.Artikel ini akan membahas berbagai usaha yang dilakukan Bu Muliati sebagai guru kelas IV SD Negeri 4 Sidodadi dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Usaha Guru dalam meningkatkan literasi membaca:

1.Membuat pojok baca di sudut belakang kelas

      Guru dan sekolah menyediakan buku buku yang dapat meningkatkan minat membaca siswa dengan Menyusun pojok baca dengan semenarik mungkin dengan harapan siswa akan tertarik untuk membaca buku disana.

2.Tiap siswa diwajibkan membaca buku cerita maupun buku Pelajaran di pagi hari

     Guru membiasakan murid untuk literasi membaca dipagi hari untuk merangsang siswa untuk lebih siap belajar dengan harapan siswa siap dan secara aktif mengikuti proses belajar mengajar nantinya.

3.Mengajak siswa untuk membuat puisi dan menempelkannya di dinding kelas

    Siswa di minta untuk membuat puisi dan secara tidak langsung mereka akan membaca dan memcari tahu kaliamat atau kata apa yang menarik di baca jika dirangkai menjadi sebuah puisi.

4.Membuat games rangkai kata

   Guru mengajak siswa untuk bermain rangkai kata dengan membuat 2 kelompok besar dan membagikan 5 huruf vocal dan 5 huruf konsonan tiap kelompoknya dan tiap kelompok harus merangkai kata dengan huruf yang ada sebanyak banyaknya.kegiatan ini merangsang siswa untuk berpikir kreatif,memperkaya kosakata,serta melatih kemampuan berbahasa dan kerja sama siswa.

5.Tanya jawan secara lisan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline