Lihat ke Halaman Asli

Hennie Triana Oberst

TERVERIFIKASI

Penyuka traveling dan budaya

Corona Gelombang 4 di Jerman, Influenza, dan Musim Dingin

Diperbarui: 21 November 2021   08:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Corona Gelombang 4 di Jerman, influenza, dan musim dingin | foto: pixabay/geralt—

Usaha mencegah telah dilakukan, tetapi gelombang keempat corona hadir menerjang Jerman dan beberapa negara Eropa.

Dua minggu lalu kami sekeluarga mendapatkan vaksin influenza (Grippeimpfung). Vaksin ini biasa diberikan bagi warga menjelang musim dingin.

Influenza dan vaksin flu

Setiap musim dingin virus influenza (flu) merajalela. Menurut hasil penelitian yang dilakukan di Mount Sinai School of Medicine di New York virus influenza menyukai udara dingin dan kering. Kelembaban udara yang rendah dari 20 hingga 35 persen dan suhu rendah akan meningkatkan infeksi.

Influenza (Grippe - bahasa Jerman) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang dapat menyerang manusia, mamalia lain, dan unggas.

Ada berbagai jenis virus influenza (A, B, C). Virus paling umum dan berbahaya adalah tipe A yang menyebar ke seluruh dunia dan terus mengalami perubahan sehingga sulit untuk dicegah.

Flu berbeda dengan pilek (selesma). Flu biasanya datang tiba-tiba. Orang yang sebelumnya merasa baik-baik saja tiba-tiba merasakan sakit kepala, demam tinggi, nyeri tenggorokan, hingga nyeri otot.

Sedangkan selesma umumnya seseorang merasa tidak enak badan (meriang), tenggorokan gatal, kemudian diikuti suara serak, hidung meler, dan batuk. 

Lazimnya, jika tidak ada komplikasi, selesma akan membaik dalam beberapa hari. Rata-rata setelah seminggu seseorang yang terserang pilek akan sehat kembali.

Berbeda dengan influenza, orang yang sakit bisa terbaring lemah berhari-hari di tempat tidur. Proses sembuh membutuhkan waktu berminggu-minggu lamanya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline