Lihat ke Halaman Asli

Fikri Zakia Qoimul Haq

Pendidik, Konsultan Pendidikan, Parenting

Sibling Rivalry, Mambanding-bandingkan dan Efeknya terhadap Anak

Diperbarui: 18 September 2022   06:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

akcdn.detik.net.id

Masih ingat anak kecil bernama Yoga yang menyanyi langsung di depan Pak Jokowi Presiden Republik Indonesia ketika upacara 17 Agustus di Istana Negara?. Masih ingat juga dengan judul lagunya? Yak, lagu *Ojo Dibandingke* karya Abah Lala ini mendadak viral sejagat antero Indonesia. Kalau ingat lagu ini maka ada lirik yang cukup menggelitik.

*Wong kok ngene kok dibanding-bandingke (Orang seperti ini kok dibanding-bandingkan)*

*Saing-saingke (Saing-saingkan)*

*Yo mesti kalah (Ya pasti kalah)*

Mungkin sedikit lagu dari abah lala itu juga menjadi curahan hati anak yang terkena sibling rivalry terhadap saudaranya sendiri. Yang selalu menjadi korban perbandingan dari kakak atau adiknya. Sehingga sering terjadi pertengkaran dirumah atau bahkan ketika diluar rumah. 

Sibling rivalry paling banyak dialami oleh anak yang memiliki kakak atau adik berdempetan dan terpaut sangat dekat umurnya. Sehingga anak sering merasa bersalah dikarenakan mendapat kata-kata perbandingan dari orangtuanya sendiri. Karena orangtua selalu menyalahkannya dan membanding-bandingkan dengan kakak atau adiknya.

Kita semua harus tahu bahwa sibling rivalry ini efeknya sangat buruk terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Karena apa yang mereka tangkap diwaktu kecil tentunya akan berdampak terhadap mental health anak dikala sudah menginjak remaja. 

Biasanya para orangtua membandingkan sesuatu yang berbeda. Contohnya membandingkan prestasinya, fisiknya, kelakuannya, gaya bicaranya atau lebih menyayangi adiknya dan lain sebagainya.

Sepanjang perjalanan kehidupan anak, tentunya secara kemampuan berbeda. Hal ini tidak bisa dibandingkan lagi, karena memang Tuhan menciptakan manusia berbeda sifat dan wataknya. 

Ini harus menjadi perhatian oleh para orangtua untuk selalu menyayangi anak-anaknya dengan seimbang. Tidak membanding-bandingkan dan tidak menyalah-nyalahkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline