Lihat ke Halaman Asli

Edukasi Konservasi Alam dan Lingkungan melalui Media Interaktif Berinovasi untuk Meningkatkan Kepedulian Lingkungan Siswa di SD Pancasila

Diperbarui: 20 Mei 2025   10:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Produk Inovasi Bersama Kepala Sekolah (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Semarang, 23 April 2025 - Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang melaksanakan sosialisasi di SD Pancasila untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap konservasi lingkungan. Sosialisasi Konservasi dilaksanakan di ruang kelas 5 SD Pancasila pada hari Rabu, 23 April 2025 dan berlangsung dari pukul 10.00 sampai dengan pukul 11.00. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 3 sampai kelas 6 SD Pancasila. Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Sekolah, Ibu Sumiyarsih, S.Pd., kemudian dilanjutkan perkenalan mahasiswa serta sosialisasi yang dikemas secara interaktif menggunakan media edukatif seperti pop-up book, ular tangga biodiversity, poster komik, komik cerita, dan permainan puzzle bertema konservasi.

Sosialisasi ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan sebelumnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa masih rendahnya kesadaran konservasi di sekolah dasar. Meski lingkungan sekolah cukup bersih dan hijau, lokasinya yang dekat jalur pantura menjadikan sekolah rentan terhadap polusi, kebisingan, dan debu. Selain itu, belum tersedia media informasi seperti poster konservasi di ruang kelas, dan pemahaman siswa tentang konsep konservasi pun masih terbatas. Upaya konservasi hanya terbatas pada kegiatan Jumat bersih dan penyiraman tanaman tanpa dukungan program eksternal seperti dari Dinas Lingkungan Hidup.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa Unnes tidak hanya menyampaikan materi tetapi juga mendorong keterlibatan aktif siswa melalui diskusi dan permainan edukatif. Antusiasme siswa pun terlihat sepanjang acara. Sosialisasi ini diharapkan menjadi langkah awal dalam menumbuhkan kesadaran lingkungan serta memicu lahirnya program konservasi berkelanjutan di lingkungan SD Pancasila Ngaliyan.

Foto Bersama Siswa SD Pancasila (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Selain itu, dalam kegiatan sosialisasi yang diadakan, mahasiswa juga menunjukkan berbagai produk media pengajaran yang merupakan hasil kreasi mereka sendiri sebagai alat pendidikan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya Konservasi. Produk-produk ini dirancang dengan cara yang kreatif dan edukatif, termasuk di antaranya komik yang mendidik yang menampilkan percakapan ringan antara karakter mengenai tindakan menjaga lingkungan sehari-hari, buku pop-up bertema NatureSavers yang dibuat untuk menyampaikan pesan pelestarian alam melalui ilustrasi tiga dimensi yang menarik, serta berbagai lembar kegiatan dan alat peraga visual lainnya yang dikembangkan secara interaktif dan sesuai dengan tingkat pemahaman anak-anak sekolah dasar, dan lain sebagainya.

Penyajian media pembelajaran ini tak hanya berfungsi sebagai bahan bacaan atau tontonan belaka, tetapi juga berfungsi sebagai alat belajar yang dapat menarik minat siswa melalui pendekatan visual dan naratif yang mengasyikkan. Siswa terlihat sangat antusias ketika diajak berinteraksi langsung dengan media tersebut, seperti membuka halaman pop-up, membaca komik bergambar, dan mengikuti alur cerita yang memuat pesan moral mengenai pentingnya menjaga lingkungan. Dengan pendekatan ini, mahasiswa tidak hanya memberikan informasi secara lisan, tetapi juga menciptakan pengalaman belajar yang nyata dan berarti.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menanamkan nilai-nilai perlindungan lingkungan melalui media yang komunikasi, mudah dipahami, serta menarik bagi anak-anak. Dengan adanya media pembelajaran ini, diharapkan siswa dapat memahami konsep-konsep dasar perlindungan lingkungan dengan cara yang lebih holistik dan menyenangkan, serta termotivasi untuk mengadopsi perilaku ramah lingkungan dalam aktivitas sehari-hari. Secara tidak langsung, kegiatan ini juga berfungsi sebagai promosi literasi lingkungan melalui alat pembelajaran yang inovatif dan inspiratif yang merupakan hasil kolaborasi antara mahasiswa dan pihak sekolah. Berikut ini adalah rincian dari produk mahasiswa, yaitu.

1. Pop Up Book NatureSavers karya Nadya Marell Nabila

Foto Produk Pop Up Book NatureSavers (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Pop up book Nature Savers merupakan suatu jenis buku yang dapat muncul atau pop up dengan bertema konservasi. Mulai dari pengertian, tujuan, manfaat, contoh kegiatan, konservasi laut, dan konservasi satwa liar. Dalam hal ini, 4 halaman dan di setiap halamannya terdapat tulisan serta gambar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline