Mohon tunggu...
Amar Algoni
Amar Algoni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

I am Amar Algoni as a student at Universitas Muhammadiyah Yogyakarta and I am interested in writing and public speaking and doing business.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tim PPK Ormawa Al-Mujaddid UMY Memaparkan Program Loket-in Aja

29 September 2022   11:00 Diperbarui: 29 September 2022   11:06 77 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto warga dusun gadung setelah pemaparan program, dok. pribadi

Sabtu 6 agustus 2022 Tim PPK Ormawa ukm bahasa arab Al-Mujaddid berkunjung ke dusun gadung pada malam hari untuk melakukan presentasi program Loket-in aja kepada masyarakat. Program Loket-in Aja sebagai pemberdayaan masyarakat berbasis TPST dan sistem digital adalah upaya untuk mengurangi sampah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Melalui program ini diharapkan warga Dusun Gadung dapat merencanakan, mengendalikan, dan menjalankan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu sesuai dengan alur yang telah direncanakan dari awal dan mencapai tujuannya. Luaran dari program ini adalah 1)terbentuknya TPST yang terintegrasi dengan sistem pengelolaan secara digital; 2) unit usaha pengelolaan sampah yang bermitra dengan BUMDes, petani, dan produsen barang-barang daur ulang; 3) tersusunnya buku panduan yang dapat digunakan masyarakat sebagai petunjuk dalam mengelola sampah organik dan non-organik, 4) panduan kelembagaan untuk program TPST; 5) Pembuatan profil berupa penjelasan kelompok yang menjadi sasaran dari program pemberdayaan yang meliputi; tata kelola kelompok dan alur kegiatan, yang penyajiannya berupa tulisan, poster, ataupun video dokumenter yang akan di publikasikan melalui sosial media; dan 6) Publikasi jurnal dan media massa. Rencana kerja program ini akan dimulai dengan Pra-Kegiatan, Pelaksanaan kegiatan, dan Post kegiatan.

Untuk mengukur keberhasilan program, maka ditetapkan indikator-indikator sebagai berikut: 1) Berdirinya minimal 1 unit rumah sampah digital di masyarakat, lengkap dengan pengurus dan SOP kerja pengurus termasuk indikator keberhasilan rumah sampah untuk jangka waktu tertentu yang disepakati Bersama. 2) Dihasilkannya sistem IT manajemen sampah yang terkoneksi ke perangkat IT setiap warga. 3) Tersusunnya dan tersosialisasinya manajemen sampah wilayah berbasis digital, terolahnya dan terpasarkannya sampah masyarakat. 4) Terjalinnya koordinasi dengan Pemda setempat untuk diseminasi program. 5) Meningkatnya pendapatan masyarakat. 6)Berkurangnya volume timbunan sampah. 

Presentasi dilakukan oleh seluruh anggota pelaksana tim PPk ormawa almujaddid dan ada beberapa perwakilan masyarakat dusun gadung yang mengikuti kegiatan presentasi tersebut. sekitar 40 warga yang terdiri dari para petani, peternak ikan, mereka sangat antusias dalam mendengarkan presentasi dari tim ppk ormawa Bahasa Arab Al-Mujaddid. 

Tim pelaksana juga menyediakan tanya jawab bagi warga dusun gadung yang ingin bertanya tentang program ini lebih jelas karena dengan diadakannya presentasi keseluruhan program ini, diharapkan masyarakat dusun gadung lebih banyak mengetahui dan juga paham tentang program tim ppk ormawa yang dilaksanakan sekitar 5 bulan. Dalam presentasi tersebut tim pelaksana ppk ormawa memaparkan tentang setiap program yang dilaksanakan di dusun gadung, juga membentuk struktur kepengurusan program ini, dimulai dari ketua kepengurusan sekaligus penanggungjawab setiap program secara keseluruhan.

Untuk lebih mengetahui kegiatan kami kedepannya, terus pantengin tulisan-tulisan mimin...

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan