Mohon tunggu...
Amalia Mumtaz Nabila
Amalia Mumtaz Nabila Mohon Tunggu... Pop-culture entusiast who loves to write what's on her mind.

obrolanku yang lainnya: kunciperak.wordpress.com ll email: amaliamtznbl@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Selain Baca Al-Kahfi, Ini 4 Adab yang Bisa Dilakukan di Hari Jumat

20 Mei 2021   22:08 Diperbarui: 21 Mei 2021   18:19 697 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Selain Baca Al-Kahfi, Ini 4 Adab yang Bisa Dilakukan di Hari Jumat
Adab apa saja yang bisa dilakukan di hari Jumat? | pexels

Diriwayatkan, keutamaan membaca surah Al-Kahfi di hari Jum'at adalah karena Allah menjanjikan siapa pun umat-Nya yang membaca surah Al-Kahfi di hari Jum'at maka akan diberikan cahaya baginya di antara dua Jum'at.

Meskipun begitu, apakah kamu tahu ada adab lain yang bisa dilakuman di hari Jum'at untuk menyempurnakan ibadah di hari Jum'at. Berikut 4 adab selain baca Al-Kahfi yang bisa dilakukan di hari Jum'at:

1. Bersuci

Bersuci adalah salah satu adab yang bisa dilakukan di hari Jumat. | Kompas
Bersuci adalah salah satu adab yang bisa dilakukan di hari Jumat. | Kompas
Menyucikan diri merupakan salah satu dari sekian banyak amalan bagi seorang muslim. Islam sebagai agama, mengajarkan umatnya untuk selalu menjaga kebersihan dimana pun dan kapan pun. Islam bahkan memberikan aturan-aturan yang berhubungan dengan kebersihan untuk diikuti oleh seorang muslim.

Salah satunya adalah bersuci di hari Jum'at. Seorang muslim dihimbau untuk menjaga penampilannya sebagai salah satu bentuk adab dalam menjalankan ibadah di hari Jum'at. Adab yang dimaksud, yaitu mandi besar, memakai pakaian bagus, dan memakai wewangian.

Aturan adab di hari Jum'at ini sesuai dengan hadits:

"Tidaklah seseorang mandi pada hari Jum'at, dan bersuci semampunya, berminyak dengan minyak, atau mengoleskan minyak wangi dari rumahnya, kemudian keluar (menuju masjid), dan dia tidak memisahkan dua orang (yang sedang duduk berdampingan), kemudian dia mendirikan shalat yang sesuai dengan tuntunannya, lalu diam mendengarkan (dengan seksama) ketika imam berkhutbah melainkan akan diampuni (dosa-dosanya yang terjadi) antara Jum'at tersebut dan ke Jum'at berikutnya." [HR. Al-Bukhari no. 883]

Baca jugaHikmah Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat

2. Bershalawat

Shalawat di hari Jumat memberikan banyak manfaat. | pexels
Shalawat di hari Jumat memberikan banyak manfaat. | pexels
Dalam surah Al-Ahzaab ayat 56, dikatakan bahwa makna shalawat Allah kepada Rasulullah SAW. adalah pujian Allah atas beliau di hadapan para malaikat-Nya. Sementara itu, shalawat malaikat berarti mendo'akan Rasulullah dan shalawat ummatnya berarti permohonan ampun bagi Rasulullah SAW.

Keutamaan bershawalat kepada Rasulullah SAW. terdapat pada hadits:

"Perbanyaklah oleh kalian shalawat kepadaku pada hari Jum'at dan malam Jum'at karena barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali." [HR. Al-Baihaqi III/249 dari Anas Radhiyallahu anhu, sanadnya hasan.]

3. Memperbanyak Do'a

Anjuran memperbanyak do'a karena ada waktu mustajab di hari Jumat. | pexels
Anjuran memperbanyak do'a karena ada waktu mustajab di hari Jumat. | pexels
Do'a merupakan salah satu dari sekian banyaknya cara seorang manusia mendekatkan diri kepada penciptanya. Dalam Islam, berdo'a merupakan jalan komunikasi yang dilakukan seorang muslim kepada Allah SWT.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN