Mohon tunggu...
nuris syamsi
nuris syamsi Mohon Tunggu... -

Adalah salah satu pejuang Akidah Ahlussunnah Waljamaah pemilik website :ibnuqusai.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Hikmah Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat

1 Maret 2019   13:45 Diperbarui: 1 Maret 2019   14:11 444 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hikmah Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

 

Sudah maklum adanya, bahwa hari Jumat merupakan hari terbaik , hari paling mulia dan istimewa dibandingkan dengan hari-hari yang lain. Hari jumat memiliki segudang keutamaan yang tidak dimiliki oleh hari yang lain. Peristiwa-peristiwa besar dan mengagumkan banyak yang Allah jadikan pada hari ini; terciptanya alam semesta, terciptanya nabi Adam, terjadinya kiamat dan banyak lagi yang lainnnya yang merupakan kejadian besar yang tak bisa terlepas dengan Islam. Hari Jumat juga memiliki seabrek amal ibadah khusus yang juga tidak dimiliki hari yang lain yang dapat lebih mendekatkan diri kepada yang maha kuasa. Maka dengan hal ini, tak ayal jika hari jumat disebut dengan Sayyidul Ayyam (Paling baiknya hari).

Dari seabrek amal ibadah yang ada pada hari Jumat tentunya penulis tidak bisa menyebutkan satu persatu amalan tersebut satu-persatu. Tapi intinya, amalan tersebut sudah banyak diketahui oleh para santri walapupun tidak banyak dari mereka yang tahu betul akan keutamaan dan fadilah yang terkandung di dalamnya. Di antara amalan tersebut adalah membaca Sutat al-Kahfi.

Oleh karena itu, rupanya sangat perlu penulis sebutkan di sini akan fadilah yang dimiliki oleh Surat al-Kahfi yang dibaca setiap hari jumat. Pertama, Rasulullah bersabda;

" Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum'at, jadi juga akan dipancarkan sinar untuk dia diantara dua Jum'at. " (HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi )

Maksud dari hadist ini adalah bahwa orang yang membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat Allah akan menjaganya dari perkara yang dapat menjauhkan dirinya dari Allah. Allah akan memberi nur padanya sehingga dapat membedakan perkara hak dan perkara batil. Karena tanpa nurnya Allah seseorang akan buta dan tidak tahu akan kebenaran suatu perkara, sehingga seseorang sangat mudah terjerumus dalam lembah kemaksiatan.

Kedua, dengan selalu istiqamah membaca surat al-Kahfi seseorang akan terhindar dari rasa gelisah. Sehingga dengan ini seseorang dapat menjalani ibadah dengan Istiqamah. Karena hati yang gelisah adalah penyebab akan lunturnya amal ibadah yang sudah istiqamah dilakukan.

Ketiga,  terhapusnya dosa. Kita sebagai umat manusia, sudah barang pasti tidak pernah luput dari yang namanya dosa. Diakui atau tidak, setiap harinya kita tidak pernah absn dari berbuat dosa. Setan akan terus berusaha menjerumuskan kita kedalam lembah dosa walupun kita sendiri tidak merasakan hal itu. oleh karena itu kita dianjuran untuk selalu meminta ampunan atas dosa-dosa yang kita kerjakan dengan bebagai amal ibadah yang salah satunya dengan membaca surat al-Kahfi. Membaca surat al-Kahfi pada hari jumat dengan Istiqamah akan menghilangkan dosa kita yang dikerjakan antara dua jumat. Seperti yang tertera dalam hadist riwayat Ibnu Umar;

"Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum'at, jadi juga akan memancar sinar dari bawah kakinya hingga ke langit, juga akan meneranginya nantinya pada hari kiamat, serta diampuni dosanya pada dua jumat. "

Keempat, terhindar dari fitnah Dajjal. Munculnya Dajjal adalah termasuk salah satu tanda besar akan dekatnya hari kiamat. Tiada satu jengkal tanah dimuka bumi ini yang selamat dari injakan kaki Dajjal kecuali mekkah dan madinah. Dajjal  merupakan ciptaan Allah yang diciptakan untuk menyebarkan fitnah di seantero dunia. Tiada fitnah yang paling besar jika dibandingkan dengan fitnah dajjal. Oleh karena itu, Nabi Muhammad menganjurkan umatnya untuk selalu meminta lindungan kepada Allah dari fitnah Dajjaj dan memerintahkan umat yang nututi Dajjal untuk senantiasa menjauh darinya. Hal itu karena mereka tidak akan kuat dalam menghadapi fitnah Dajjal yang amat dahsyat.

 Selain itu, Nabi Muhammad juga menganjurkan umatnya yang nututi Dajjal untuk membaca surat al-Kahfi. Seperti yang termaktub dalam hadist Nabi Muhammad;

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN