Mohon tunggu...
Amalia Mumtaz Nabila
Amalia Mumtaz Nabila Mohon Tunggu... Pop-culture entusiast who loves to write what's on her mind.

obrolanku yang lainnya: kunciperak.wordpress.com ll email: amaliamtznbl@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

4 Menu Lebaran untuk Kamu yang Bosan Opor dan Rendang

11 Mei 2021   21:00 Diperbarui: 21 Mei 2021   17:50 1298 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
4 Menu Lebaran untuk Kamu yang Bosan Opor dan Rendang
Menu lebaran pengganti opor dan rendang. | Freepik

Lebaran hanya tinggal menghitung hari. Sudahkah menyipkan menu hari lebaran? Atau justru masih bingung harus masak apa karena bosan dengan opor dan rendang? Berikut beberapa rekomendasi menu lebaran pengganti opor dan rendang yang bisa kamu coba di waktu lebaran nanti!

1. Garang Asem

Garang Asem. | Kompas
Garang Asem. | Kompas

Garang asem adalah makanan berkuah santan dengan ayam sebagai bahan utamanya. Bawang merah dan bawang putih ditumis yang kemudian disusul dengan ayam dan santan setelahnya. Meskipun memiliki visual yang hampir sama dengan opor, garang asem memiliki cita rasa tersendiri.

Makanan khas Jawa Tengah ini merupakan makanan berkuah dengan cita rasa gurih, pedas, dan asam. Rasa asam dihadirkan dari tomat hijau serta belimbing wuluh. Karena pedas dan asam itu lah yang membuat pecintanya ketagihan dengan garang asem ini. Perpaduan rasa yang mirip dengan opor tetapi dibumbui dengan kesegaran rasa pedas dan asam, garang asem cocok disajikan sebagai pengganti opor di hari lebaran nanti.

Baca JugaGarang Asem ala Emak Rempong

2. Soto Betawi

Soto Betawi. | Kompas
Soto Betawi. | Kompas
Para pecinta jeroan pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu jenis soto yang ini. Sepertinya namanya, soto Betawi adalah makanan khas masyarakat betawi di Jakarta. Soto ini diisi dengan berbagai macam jeroan yang menggugah selera.

Beberapa jeroan sapi dalam sajian soto Betawi biasanya, yaitu paru, babat, dan usus. Terkadang, ada beberapa jeroan lain seperti terpedo, mata, dan hati sapi. Selain jeroan, soto betawi juga dilengkapi dengan daging sapi, kaki sapi, kentang, dan tomat untuk penambah rasa nikmat.

Meskipun umunya ditemukan dengan kuah santan dan susu, soto betawi juga bisa dihidangkan dengan kuah bening. Kuah bening cocok disantap jika ingin rasa kuah kaldu yang lebih ringan.

3. Soto Ayam

Soto Ayam. | Kompas
Soto Ayam. | Kompas
Soto ayam adalah salah satu jenis soto yang paling umum di Indonesia. Bihun, potongan ayam, tauge, serta irisan tomat merupakan bahan-bahan yang tepat untuk menikmati kuah kaldu soto ayam yang tidak terlalu pekat.

Baca Juga: Soto Ayam Cak To Langganan Selebritis

Cita rasanya yang gurih dan segar, menjadi keunggulan tersendiri karena hampir semua orang dapat menikmati soto ayam. Untuk itu, soto ayam merupakan salah satu pilihan yang tepat sebagai pengganti menu lebaran yang itu-itu saja.

4. Bakso

Bakso. | Kompas
Bakso. | Kompas
Enak dan simple, dua kata yang bisa mendeskripsikan menu kesukaan semua orang ini. Benar, bakso. Jika menurut pembaca 3 menu sebelumnya terlalu sulit untuk dibuat, bakso bisa menjadi alternatif. Pembaca hanya perlu membeli tulangan sapi untuk nantinya direbus dan dijadikan kaldu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x