Mohon tunggu...
Amalia Fauziah Hermawan
Amalia Fauziah Hermawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pendidikan Khusus 2018

Jika Allah menolongmu, maka tidak ada yang dapat mengalahkanmu. (Qur'an 03 : 160)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Berbagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Literasi Pada Masa Pandemi

28 September 2021   01:47 Diperbarui: 28 September 2021   01:50 73 3 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Berbagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Literasi Pada Masa Pandemi
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bandung - Pandemi memberikan dampak terhadap semua aspek kehidupan, tak terkecuali dunia pendidikan. Sehingga pembelajaran dilakukan secara daring atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). 

Pada jenjang perguruan tinggi, dan menengah pembelajaran daring dapat berjalan secara baik dikarenakan peserta didik sudah paham terkait dengan penggunaan TIK. 

Namun lain halnya dengan jenjang pendidikan dasar, karena seperti kita tahu bahwa pelaksanaan pembelajaran daring pada jenjang ini diperlukan dorongan dan pengawasan dari guru maupun orang tua peserta didik.

Wiyanto (2020) berpendapat terjadinya pengalihan proses pembelajaran yag dilakukan secara tiba-tiba dikarenakan adanya pandemi covid-19 juga membuat pendidik, peserta didik, maupun orang tua menjadi kaget, perubahan ini mengharuskan semua elemen pendidikan harus sigap merespon dengan sikap dan tindakan agar terus mempelajarai hal-hal baru terutama hal yang menunjang kebuthan pembalajaran literasi baca tulis bagi peserta didik secara daring.

Semakin hari perkembangan informasi dan teknologi di era pendidikan saat ini, mempunyai dampak terhadap terbatasnya waktu yang dimiliki para peserta didik untuk melakukan kegiatan literasi baca tulis. 

Peran literasi sangat penting demi agar peserta didik dapat mengikuti perkembangan jaman, terutama untuk menunjang pendidikan mereka. Penggunaan teknologi ke dalam aspek pendidikan merupakan salah satu bentuk inovasi dan kreatifitas. Tentu saja media berperan dalam peningkatan minat literasi anak terutama pada literasi baca tulis.

Berdasarkan permasalahan yang sudah dipaparkan, kita membutuhkan media untuk menunjang kegiatan literasi di masa pandemi. Berikut tiga media yang dapat digunakan oleh pendidik dalam meningkatkan minat literasi pada anak:

  •  Video Animasi

Media berbasis Video Animasi adalah sebuah gambar yang dapat bergerak yang berasal dari kumpulan berbagai objek-objek yang ditata secara khusus, sehingga dapat bergerak sesuai alur yang telah dibuat oleh editor. 

  •  Power Point Interaktif

Media pembelajaran Power Point Interaktif dapat menjadi pilihan pendidik untuk pelaksaaan pembelajaran daring karena Power Point Interaktif mampu mengemas materi pembelajaran menjadi lebih menarik dan asik. Dalam Power Point Interaktif seorang guru dapat membuat pertanyaan dikemas dengan bentuk permainan disertakan musik sehingga pembelajaran anakn lebih menyenangkan bagi peserta didik.

  •  Video Conference

Media pembelajaran melalui Video Conference dapat menunjang pembelajaran secara daring, memudahkan peserta didik untuk menerima materi pembelajaran yang telah disampaikan oleh pendidik karena dilakukan secara real time.

Media Pembelajaran sebagai perantara dalam proses pembelajaran anatara guru dan peserta didik, hal ini sangat membantu dalam menjelaskan materi dan pelaksanaan belajar mengajar secara daring, serta dapat membantu siswa agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar, baik, menarik dan dapat membuat peserta didik termotivasi untuk lebih giat dalam proses pembelajaran.

Maaf jika masih ada kekeliruan dalam penulisan.

Sekian dan Terima Kasih. Semoga dapat Bermanfaat. Aamiin.

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan