Mohon tunggu...
Mochamad Arif
Mochamad Arif Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar

~

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Media: Pengertian, Fungsi dan Pembagiannya

21 September 2021   14:21 Diperbarui: 21 September 2021   14:46 54 1 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kalau kita mendengar kata media, apa yang muncul di pikiran kita? Mungkin yang muncul di pikiran kita ada media social, media pembelajaran, media informasi, dan masih banyak media-media yang lainnya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas apa aitu media, fungsi media, dan pembagian media.

Media berasal dari Bahasa latin yang merupakan bentuk jamak dari "Medium" yang artinya berarti perantara atau pengantar. Maksudnya, perantara atau pengantar dari sumber pesan ke penerima pesan.

Media menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah merupakan alat (sarana) komunikasi, perantara atau penghubung. Dari dua pengertian diatas, sementara dapat disimpulkan bahwa media adalah sarana atau penengah untuk menyajikan informasi.

Ada banyak ahli yang mendefinisikan apa itu media. Pada kali ini, akan kita jabarkan beberapa pengertian media menurut ahli sebagai berikut:

  1. Association of Education and Communication Technology (AECT). Media merupakan segala bentuk dan saluran yang digunakan penyampaian pesan dan informasi.
  2. Cangara. Dalam buku Pengantar Ilmu Komunikasi (2006) menyebutkan bahwa, media merupakan alat atau sarana untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Dalam hal ini media yang paling mendominasi dalam berkomunikasi adalah pancaindra manusia, seperti mata dan telinga. Pesan yang diterima pancaindra kemudian diproses oleh pikiran untuk menentukan reaksi/ sikapnya, baru kemudian dinyatakan dalam tindakan.  
  3. National Education Asociation (NEA). Media adalah sarana komunikasi, baik dalam bentuk cetak maupun audio visual. Mencakup teknologi perangkat lunak dan perangkat kerasnya.
  4. Zakiah Darajat. Media pendidikan merupakan suatu benda yang dapat ditangkap panca indra, khususnya indra pendengaran dan penglihatan baik yang terdapat di dalam kelas, maupun diliar kelas. Digunakan sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar, dan bertujuan untuk meningkatkan efektifitas hasil belajar siswa.

Dapat disimpulkan dari beberapa pengertian diatas, bahwasanya media adalah alat atau saran yang menghubungkan antara pemberi pesan kepada penerima pesan.

Media sendiri banyak digunakan dalam berbagai lini kehidupan manusia, misalnya dalam kegiatan pembelajaran. Media biasanya digunakan untuk memudahkan komunikator atau pemilik pesan menyampaikan pesan kepada penerima pesan sehungga pesan tang disampaikan dapat diterima dengan baik.

Secara umum, media dapat difungsukan sebagai berikut:

  1. Sebagai sarana informasi kepada masyarakat.
  2. Membantu mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera.
  3. Sebagai sarana untuk mengekspresikan pendapat, ide, dan gagasan kepada khalayak.
  4. Sebagai sarana untuk mendapatkan hiburan, relaksasi, dan pengalihan perhatian dari ketegangan sosial.
  5. Sebagai sarana pendidikan bagi masyarakat secara umum, dan bagi para siswa secara khusus.
  6. Sebagai sarana untuk melakukan pengawasan atau kontrol sosial bagi masyarakat.

Secara umum, media dibagi dapat dibagi menjadi empat macam, yaitu:

  • 1.Media Visual

Media visual adalah media yang dapat dilihat dan dibaca. Media visual mengandalkan indra penglihatan dan/ indera peraba. Contoh dari media visual adalah gambar, foto, grafik/diagram, buku, teks, majalah, koran dan lain-lain.

  • 2.Media Audio

Media audio adalah media yang dapat didengar. Media audio mengandalkan indra pendengaran (telinga) manusia. Media ini mengandung pesan auditif yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan pendengarnya. Contoh dari media audio adalah suara, music, lagu dan lain-lain.

  • 3.Media Audio Visual

Media audio visual merupakan kombinasi antara media audio dan visual. Artinya, media ini mengandalkan indra penglihatan dan indra pendengaran secara bersamaan. Contoh dari media audio visual adalah video, film, televisi dan lain-lain.

  • 4.Multimedia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan