Mohon tunggu...
Amabella Charita
Amabella Charita Mohon Tunggu... Mahasiswi

Salam kenal semuanya..

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

LH GenBI Balikpapan Selama Masa Pandemi Covid-19

6 Juni 2020   23:33 Diperbarui: 6 Juni 2020   23:33 95 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
LH GenBI Balikpapan Selama Masa Pandemi Covid-19
genbi-bpp-baru-5edb8225d541df4e2c64cf92.png

Halo semuanya, sebelumnya perkenalkan saya Amabella dari Divisi Lingkungan Hidup GenBI Balikpapan.

Saya mewakili teman-teman dari GenBI Balikpapan mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441H bagi yang merayakan dan Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Sudah pada tahu belum apa itu GenBI? Nah jadi, GenBI adalah suatu komunitas penerima Beasiswa Bank Indonesia Balikpapan dan kami terdiri dari mahasiswa-mahasiswi Institut Teknologi Kalimantan angkatan 2017 dan 2018 dari berbagai program studi. Disini kami tidak hanya menerima beasiswa saja, namun kami juga dapat mengasah skill organisasi dan kepemimpinan. Maka dari itu, terdapat 5 Divisi dan 1 Badan Pengurus Harian pada komunitas GenBI Balikpapan, yaitu Divisi Lingkungan Hidup, Divisi Pendidikan, Divisi Kesehatan Masyarakat, Divisi Kewirausahaan, dan Divisi Media Informasi. Setiap divisi pun memiliki program kerja masing-masing yang harus dijalankan selama 1 tahun menerima beasiswa dan menjabat.

Pandemi Covid-19 yang dapat menular ke manusia, membuat banyak kegiatan di hampir seluruh dunia menjadi terganggu akibat adanya pembatasan dalam berkegiatan seperti biasanya. Indonesia merupakan salah satu negara yang terkena dampak pandemi tersebut. Banyak sektor yang harus tutup sementara dan melakukan work from home and study from home. Hal serupa juga terjadi di Kota Balikpapan, seluruh sekolah dan kampus diliburkan sementara dan banyak perusahaan yang menerapkan work from home demi mengurangi penyebaran Covid-19. Pada tanggal 2 Juni 2020, terdapat 63 kasus pasien terkonfirmasi positif di Kota Balikpapan (Gugus Tugas Covid-19 Balikpapan, 2020). 

Dengan demikian, kami dari komunitas GenBI Balikpapan mengubah segala pertemuan baik rapat maupun program kerja menggunakan sistem daring/online. Sebenarnya hal ini kurang efektif untuk beberapa divisi, salah satunya adalah Divisi Lingkungan Hidup dimana kami lebih memberikan aksi nyata untuk lingkungan sehingga kami baru melaksanakan 1 program kerja dari 8 program kerja yang direncanakan, yaitu EnviroTalk (semacam Talkshow) yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan hidup sebagai wujud cinta kita akan bumi yang kita tinggali. Sasarannya adalah mahasiswa/i di Kota Balikpapan dengan tema "Peran Generasi Millenial dalam Menyelamatkan Lingkungan untuk Menentukan Wajah Bumi di Masa Depan". Keuntungan dari sistem daring adalah memberikan peluang untuk mendapatkan audience dari luar kota bahkan luar negeri. Tidak disangka ternyata kami menerima audience yang berasal dari luar daerah Balikpapan, ada yang dari Samarinda, Yogyakarta, Jakarta, dan Malaysia. Kebetulan saat itu saya diamanahkan menjadi moderator pada acara tersebut. Alhamdulillah acaranya berjalan dengan lancar dan tertib, terdapat kurang lebih 65 audience dari berbagai daerah. Kami pun mengundang pemateri yang berkompeten dalam bidangnya, yaitu Jacky dari Duta Lingkungan Hidup Balikpapan 2019 dan Laverta dari Duta Lingkungan Hidup Ekoregion Kalimantan 2016. Maaf izin flashback sedikit, saya juga merupakan Duta Lingkungan Hidup Balikpapan 2016 yang saat itu seangkatan dengan Laverta. Kedua pemateri membahas mengenai sayangi bumi di kalangan millenial dan implementasi penerapan zero waste. Beberapa ulasan yang disampaikan oleh kedua pemateri adalah sebagai berikut:
- Kita sebagai generasi millenial atau agent of change harus bisa memberikan dampak positif terhadap diri sendiri dan juga bumi. Kita harus terus menyayangi, menjaga, dan merawat bumi karena seperti yang kita ketahui bahwa saat ini bumi kita sedang tidak baik-baik saja dan banyak kerusakan dimana-mana,
- Dimulai aja dulu dari diri sendiri, lalu diterapkan, setelah itu kita share ke orang lain,
- Zero waste lifestyle untuk menerapkan gaya hidup bebas sampah yaitu dengan 5R menolak, memerangi, menggunakan kembali, memakai kembali, dan mengurangi
- Pastikan kita berkontribusi semaksimal mungkin untuk mengurangi sampah dan ingatlah setiap aksi yang kita lakukan akan sangat berpengaruh pada lingkungan.
Saat kegiatan berlangsung audience sangat interaktif, banyak pertanyaan yang dilontarkan pada kedua pemateri. Akhir acara pun salah satu pemateri memberikan Bingo Challange. Bagi 2 audience yang beruntung akan mendapatkan gift menarik berupa totebag. 

Tak lupa saya juga akan memberikan #selfreminder untuk kita terapkan pada kehidupan sehari-hari selama pandemi ini:
1. Tanpa kita sadari, dengan adanya pandemi ini kita semakin belajar untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan terbukti pada beberapa negara gas emisi karbon yang dihasilkan dari kendaraan bermotor berkurang,
2. Ingat, meskipun #dirumahaja jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan rumah dan sekitarnya,
3. Belajar itu penting, tapi jangan lupa juga untuk menjalankan kegiatan yang lebih produktif,
4. Menuju New Normal, jangan lupa sediakan hand sanitizer saat bepergian dan selalu menggunakan masker kain saat keluar rumah.

Bangga rasanya diberikan kesempatan untuk bergabung bersama GenBI Balikpapan. Saya selaku penanggung jawab acara GreenBI mengharapkan semoga pandemi ini dapat segera berakhir, agar kami dapat menjalankan kegiatan aksi terhadap lingkungan salah satunya adalah penanaman pohon dan pemberikan edukasi kepada masyarakat.

Ada yang mau tau tips dan triknya untuk mendapatkan beasiswa GenBI dari saya? InsyaAllah akan ada di next post, ditunggu ya..

Buah tomat buah semangka
Buah selasih beradu rasa
Tetap semangat untuk kita semua
Terima kasih sudah membaca

Mari kita berdoa bersama semoga pandemi Covid-19 ini dapat segera berakhir dan kita dapat beraktivitas seperti biasanya~
Jangan lupa ikuti himbauan pemerintah, jaga jarak fisik, dan rajin mencuci tangan.

Akhir kata saya akan memberikan yel yel dari Duta Lingkunga Hidup Balikpapan. Selamatkan lingkungan hidup, kami peduli kami beraksi!
Because everyone is environment ambassador. Bersama mari kita wujudkan 17 goals Sustainable Development Goals!

-Stay home, stay safe, and stay healthy-

VIDEO PILIHAN