Mohon tunggu...
Alvin Franata
Alvin Franata Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Mahasiswa yang senang menulis.

Selanjutnya

Tutup

Finansial Artikel Utama

Solusi Atasi Masalah Finansial bagi Generasi Sandwich

6 Oktober 2021   09:35 Diperbarui: 7 Oktober 2021   08:35 933 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi generasis andwich | Sumber: Shutterstock

Pandemi covid 19 membuat semua kalangan harus berhadapan dengan kesulitan. Kaum lansia harus menghadapi masalah kesehatan. 

Covid 19 adalah masalah ketika menular kepada kaum lansia. Badan tidak lagi bugar dan penyakit bawaan menjadi penyebab covid 19 berbahaya bagi lansia. Sementara anak-anak remaja juga merasa terbebani oleh sekolah online, seharian di rumah dan tidak bertemu teman membuat mereka stres. Semua baru dan terasa asing.

Mereka yang berada diantara lansia dan anak-anak yaitu usia produktif, memikirkan cara mendapatkan penghasilan. Semenjak pandemi, banyak yang dirumahkan karena perusahaan tidak sanggup menanggung gaji karyawan lagi. 

Jikalau ada yang beruntung bertahan, gaji mereka dipotong agar perusahaan tetap berjalan. Mereka yang berpenghasilan harian seperti berdagang juga tidak terlalu diuntungkan. Karena pembatasan yang dilakukan pemerintah untuk mencegah penularan covid 19, membuat orang-orang diam di rumah dan tidak lagi membelanjakan uangnya di pasar atau tempat perbelanjaan lainnya.

Bagi mereka yang menjadi tulang punggung keluarga, pandemi membuat segalanya yang sudah sulit menjadi makin sulit. Terlebih bagi yang sudah membina rumah tangga sendiri dan mempunyai anak, masih harus mengurus kebutuhan rumah tangga orang tua, harus membagi perhatian menjadi dua. 

Kebutuhan rumah tangga sendiri dan kebutuhan orang tua. Kebutuhan yang dimaksud adalah kebutuhan finansial dan emosional. 

Keadaan tersebut membuat situasi yang sulit. Diapit oleh dua kebutuhan yang sama pentingnya. Seperti irisan daging, sayuran dan saus mayones dalam sandwich, diapit oleh dua roti di kedua sisinya. Terjebak dan tidak dapat lepas begitu saja. Keadaan tersebut sering disebut dengan istilah generasi sandwich.

Konsep dan Pengertian Generasi Sandwich

Generasi Sanwich adalah sebuah istilah yang dipopulerkan oleh Dorothy A. Miller dan Elaine Brody untuk menyebut generasi dewasa yang harus menanggung hidup generasi di atas dan di bawah mereka yang bergantung kepada mereka secara finasial dan emosional. 

Generasi di atas mereka bisa merujuk kepada ayah, ibu, paman, bibi, nenek, kakek dan seterusnya. Sementara generasi di bawah merujuk kepada anak, adik, keponakan, dan lain lain. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Finansial Selengkapnya
Lihat Finansial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan