Mohon tunggu...
Sayyid Jumianto
Sayyid Jumianto Mohon Tunggu... menulis untuk perubahan, bila tidak bisa membaca tulisanku disini mampir di bloggku https://jogjakiri.blogspot.com/

Menulis adalah memulai suatu perubahan https://jogjakiri.blogspot.com/ Alsayyid jumianto

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Mars 2121: Guyonan Astronot Amerika Berhasil Mendarat di Bulan dengan Selamat

10 April 2021   09:23 Diperbarui: 10 April 2021   09:36 32 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mars 2121: Guyonan Astronot Amerika Berhasil Mendarat di Bulan dengan Selamat
Detik.com

Mars 212 : Guyonan "astronot Amerika berhasil dengan selamat mendarat di bulan"

Alsayyid jumianto

Candaan ini telah saya dengar ketika saya masih sekolah tingkat dasar. Mereka bercanda bahwa ",dengan selamat" di artikan "karo slamet" nama orang yang populer di saat itu. Obsesbsi lewat candaan "orang Indonesia bernama slamet ikut penerbangan menuju bulan" kelewatan mungkin, tetapi realita sampai saya berumur begini belum ada satupun orang kita apalagi orang bernama Slamet mengangkasa di antariksa sana!.

Artinya sejak Apollo mendaratkan astronot dibulan tahun 1969nan sampai detik ini belum ada atau masih antriankah astronot-astronot kita bisa ikut dalam misi luar angkasa? Maaf bila data saya salah atau tidak cermat  tetapi sejak mendaratnya wahana angkasa luar Amerika, Cina dan Arab seakan kita hanya jadi penononton saja benar adanya, apalagi saya dulu penah mendengar proyek di Indonesia bagian timur yang pernah bekerja sama dengan Rusia konon akan membuat pangkalan roket untuk luncurkan satllit  disalah satu pulau di Irian jaya (Papua) kok berhenti sekarang tidak ada kabar kelanjutannya? Saya tidak mau buka luka lama sekali lagi mengapa kita hanya sebagai penonton saja?

Mars sudah menjadi harapan baru bagi kita umat manusia ,"sebagai alien-alien" yang ditakdirkanNya untuk mengeploitasi seluruh sudut angkasa ini dan terbukti bumi sudah tua pandemi corona sadarkan kita sebagai umat manusia untuk mencari bumi baru yang lebih bersih dari virus.

Semoga saja candaan itu menjadi nyata dan kita tunggu rencana nyata dari Lapan dan niat baik pemerintah untuk munculkan program nyata karena saya sadari pandemi ini buat oleng anggaran pemerintah adalah nyata.

Harapan

Semoga penguasa saat ini punya program tang mentes untuk gairahkan lagi program angkasawan republik ini.

VIDEO PILIHAN