Mohon tunggu...
Almira Shae
Almira Shae Mohon Tunggu... A Writer

Freelance writer

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Hidup di Jakarta dengan 8 Juta, Cukup atau Tidak?

19 Agustus 2019   10:42 Diperbarui: 21 Agustus 2019   15:20 1010 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hidup di Jakarta dengan 8 Juta, Cukup atau Tidak?
Sumber: Shutterstock

Beberapa waktu lalu terjadi perdebatan di sosial media yang cukup viral. Terdapat postingan salah satu freshgraduate universitas negeri yang mengeluhkan gaji Rp 8 juta. 

Postingan ini pun viral dan menjadi perbincangan netizen, bahkan tagar #gaji8juta sempat bertengger cukup lama di trending topik teratas Twitter.

Lalu sebenarnya apakah benar dengan gaji sebesar 8 juta tidak cukup untuk hidup di Ibu Kota? Hal tersebut sebenarnya bisa jadi salah atau benar, tergantung dari gaya hidup yang kita jalani.

UMP yang telah ditetapkan oleh  Pemerintah pun sebenarnya tertinggi jika dibandingkan dengan provinsi lain. Tahun 2019 ini, besaran UMP DKI Jakarta sudah mencapai Rp 3.940.973.  Angka tersebut jika dibandingkan dengan tahun lalu mengalami kenaikan sebesar 8.03% dari UMR tahun 2018 sebesar Rp 3.830.436.

Pastinya, UMP yang telah ditentukan oleh pemerintah lebih dulu di sesuaikan oleh kebutuhan sehari-hari masyarakat Jakarta. Oleh karena itu, untuk Anda yang memiliki karir di Kota Jakarta, dengan 8 juta rupiah apa saja kebutuhan yang bisa kalian penuhi? Dan bagaimana cara mengelolanya?

Simak beberapa ulasan berikut ini.

Tempat Tinggal

Bagi para karyawan, khususnya perantau yang memilih untuk menjalani karir di Jakarta Terdapat beberapa alternatif seperti kosan, apartemen dan kontrakan yang bisa Anda jadikan sebagai tempat tinggal.

Harganya pun beragam, tergantung dari lokasi dan fasilitas yang ditawarkan. Semakin dekat dengan pusat kota, semakin tinggi pula harganya. Sama halnya dengan faktor fasilitas, semakin lengkap tentu jadi makin mahal.

Untuk harga kos-kosan di Jakarta berkisar antara Rp 500 ribu -- Rp 4 juta. Misalnya, di daerah Jakarta Pusat, Anda masih bisa menemukan kosan seharga Rp 500 ribu, berupa kamar berukuran 3x4 dengan kamar mandi di luar. Sementara untuk apartemen (furnished dan non furnished) berkisar antara Rp 2-6 juta per bulan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x