Mohon tunggu...
Alma rezza Bilqhiscty
Alma rezza Bilqhiscty Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

saya seorang mahasiswa psikologi yang tertarik belajar menulis mengenai isu terkini terutama tentang kesehatan mental dan parenting, kadang introvert tetapi kadang ekstrovert juga. Saya sangat ingin mencoba hal-hal baru di hidup saya.

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Memberikan Hadiah pada Anak, Apakah Berdampak Baik atau Justru Malah Buruk?

19 September 2022   22:58 Diperbarui: 19 September 2022   23:05 90 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Setiap orang tua pasti memiliki cara tersendiri dalam menghargai pencapaian anak. Salah satu cara mengapresiasi pencapaian anak adalah dengan memberikan hadiah atau reward. Lantas, apakah bagaimana dampaknya pada perilaku anak? 

Kali ini akan dibahas sedikit melalui kacamata ilmu psikologi, dalam ilmu psikologi terdapat beberapa grand theory yang terkenal dan salah satunya ialah behavioristik.  

Secara sederhana behavioristik memandang pembentukan perilaku manusia dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya, dimana ada stimulus maka akan ada respon yang dihasilkan.

Salah satu tokoh behavioristik yang terkenal yaitu B.F Skinner mengemukakan tentang pemberian reinforcement atau penguatan dalam mengubah atau mempertahankan perilaku.

Reinforcement (penguatan) dalam teori Skinner terbagi menjadi dua yaitu negatif dan positif. Reinforcement negatif atau dikenal juga dengan punishment (hukuman) diberikan untuk mengurangi perilaku yang kurang baik, sedangkan reinforcement positif bertujuan untuk mempertahankan atau meningkatkan perilaku yang baik. 

Pemberian reward atau penghargaan termasuk dalam reinforcement positif agar dapat mengubah perilaku seseorang menjadi yang diharapkan. Hal tersebut juga dapat diterapkan dalam pola asuh orang tua kepada anaknya, misalnya ketika anak berhasil meraih prestasi di sekolah anak akan diberikan hadiah sesuai permintaannya sebagai wujud penghargaan dari orang tua.

Penerapan reward ini tentu dapat berdampak positif karena anak akan merasa dihargai serta termotivasi untuk melakukan hal yang lebih baik lagi atau mempertahankan perilaku baiknya tersebut. 

Akan tetapi, disamping kelebihannya tentu penerapan metode ini dapat berdampak buruk juga pada anak karena jika dibiasakan maka anak akan selalu meminta imbalan atas apapun yang dia lakukan. Agar terhindar dari dampak negatif tersebut maka terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan, antara lain:

1. Memberi pujian pada setiap hal baik yang anak lakukan

Dalam memberikan reward sebenarnya tidak harus terpaku pada pemberian hadiah berupa barang ataupun uang, namun dapat diberikan dengan cara sederhana seperti memberi pujian pada anak. 

Pujian menjadi afirmasi positif yang dapat membuat anak senang dan merasa dihargai walaupun hanya melakukan tindakan sederhana, hal ini juga akan membentuk kepribadian anak menjadi lebih percaya diri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan