Mohon tunggu...
Alma Auliya
Alma Auliya Mohon Tunggu... Guru - Guru bimbel privat

Seorang perempuan yang sabar dalam mengajar mendidik

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Bimbel Salah Satu Alternatif Usaha di Masa Pandemi

3 Desember 2022   18:45 Diperbarui: 4 Desember 2022   01:31 114
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Usaha bimbingan belajar merupakan usaha yang mudah dan tidak rumit untuk dilakukan bagi seorang pemula dan bagi siapa saja yang ingin berwirausaha. Usaha bimbel sangat mudah dikarenakan hanya perlu mempelajari pelajaran yang sudah pernah kita pelajari sebelumnya. Usaha bimbel yang paling mudah adalah usaha bimbel semi privat, karena usaha semi privat adalah usaha yang tidak menggunakan jadwal, semua jadwal belajar sesuai keinginan murid.

Bimbel semi privat berarti 1 guru dapat mengajar 3-5 murid dalam satu kelas dan biasanya durasi mengajar hanya 1 - 2 jam per pertemuan. Cara tersebut sudah efektif dalam pembelajaran anak lebih fokus terhadap guru dan lebih mudah untuk memahami pelajaran.

Dalam usaha bimbel semi privat yang harus dilakukan pertama adalah menyediakan tempat yang strategis dan nyaman usahakan tempat bimbel tidak berada dekat dengan jalan raya karena dapat mengganggu konsentrasi anak dalam belajar. 

Yang kedua adalah tenaga pengajar, tenaga pengajar tidak perlu lulusan dari universitas ternama karena setiap orang ada kelebihan dan kekurangan banyak orang yang bukan lulusan dari universitas terbaik bisa menjadi tenaga pengajar yang sabar dan profesional. Ketiga adalah soal, kita harus menyiapkan soal yang cocok untuk para murid.

Untuk menggaji para tenaga pengajar pun tidak terlalu sulit karena bisa menggunakan sistem gaji per hari.

Selamat mencoba bagi para wirausahawan muda dan pekerja keras, anda dapat mencoba membuka bimbel semi privat ini sendiri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun