Mohon tunggu...
Allifia Fatika Putri
Allifia Fatika Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi

Suka hal-hal yang berbau alam, kepribadian, pendidikan, sosial, dan sejarah. Dalam proses belajar menulis, semoga bermanfaat! :)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pentingnya Memiliki Growth Mindset bagi Mahasiswa dalam Motivasi Belajar

14 September 2022   18:35 Diperbarui: 15 September 2022   04:19 284 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Sumber Ilustrasi: steemit.com )

Growth mindset atau pola pikir yang berkembang merupakan kunci terpenting bagi seseorang yang ingin hidupnya maju dan berkembang dan hasilnya sukses. 

Tentunya mahasiswa sama-sama menginginkan setelah lulus dari bangku perkuliahan nanti bisa menjadi orang yang sukses. Betapa senangnya ketika lulus langsung mendapatkan pekerjaan yang diinginkan bahkan dapat membuat lapangan pekerjaan. Tentu hal ini harus dipikirkan secara baik-baik. 

Bagaimana mahasiswa bisa mencapai cita-cita tersebut. Menurut Dr. Carol S Dweck, pencetus growth mindset dalam bukunya yang berjudul Mindset : The New Psychology of Success, Growth mindset merupakan salah satu kunci bagi seseorang untuk bisa meraih kesuksesan.

Growth mindset ini harus ditanamkan, tidak bisa ada dengan sendirinya. Dengan ini mahasiswa harus memiliki growth mindset sebagai pondasi kesuksesan. 

Hal ini dikarenakan dengan memiliki growth mindset mahasiswa bisa semakin berkembang, tidak mudah putus asa, menganggap rintangan adalah kesempatan, selalu belajar, menerima saran dan kritik dan selalu berfikir positif. Mereka yang memiliki growth mindset ini, memiliki pandangan dan keyakinan bahwa kecerdasan dan bakat bisa selalu berkembang dan tidak bertumpu dari bawaan lahir. 

Maka dapat disimpulkan bahwa mereka yang memiliki growth mindset memiliki keyakinan bahwa segala kecerdasan dan bakat adalah sebuah permulaan dan tidak bisa jadi patokan kesuksesan. 

Akhirnya mereka selalu optimis dan terus belajar dengan giat dan kerja keras untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya sehingga hasilnya akan sukses.

Penerapan growth mindset dalam proses belajar adalah strategi yang sangat baik. Dengan ini dapat membentuk mahasiswa memiliki pola pikir yang kreatif serta inovatif dalam menyelesaikan masalah dan memiliki dedikasi belajar yang tinggi. 

Dari sini betapa pentingnya mahasiswa di Indonesia harus memiliki dan menumbuhkan growth mindset dalam motivasi belajar. Dapat dipastikan segala motivasi akan berpengaruh serta efektif dalam kegiatan pembelajaran di bangku kuliah. 

Mereka akan bekerja keras, siap menerima tantangan apapun, memiliki mental yang kuat, tidak banyak mengeluh, terus menikmati proses, dan mau belajar dan belajar. 

Jika itu semua terjadi, percayalah mahasiswa akan bisa menjadi lulusan yang membanggakan dan tentunya bisa menjadi generasi Indonesia yang bermanfaat bagi dirinya dan negaranya. Dengan ini mari kita bisa menanamkan growth mindset, tidak ada kata terlambat loh!



Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan