Mohon tunggu...
Alfonsus G. Liwun
Alfonsus G. Liwun Mohon Tunggu... Wiraswasta - Memiliki satu anak dan satu isteri; Hobi membaca, menulis, dan merefleksikan.

Dum spiro spero... email: alfonsliwun@yahoo.co.id dan alfonsliwun16@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Ketika Dia Mengatakan, Papa Mama Hiero Bosan!

25 Mei 2020   21:24 Diperbarui: 25 Mei 2020   21:31 163
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Melukis pohon dan hewan|Dokpri

Selama pandemi Covid-19, sekolah-sekolah pun libur. Libur berarti tidak ada aktivitas di sekolah. Sedangkan aktivitas seperti selama ini dilakukan di sekolah, dijalankan di rumah. 

Satu minggu awal, sebelum terasa berat dan sulit. Mulai masuk minggu kedua, tugas-tugas sekolah untuk anak mulai banyak. Masuk minggu ketiga, saya sendiri mulai menyadari, kok anak saya baru TK Besar, tugas begini banyak! 

Bagaimana dengan anak-anak SD, SMP dan SMA, cetus saya dalam hati. Sementara itu, masuk minggu ketiga, anak saya mulai merasa bosan. 

Bosan karena selama sehari, ada tiga tugas sekolah harus diselesaikan kemudian diphoto lalu dikirim ke group TK Besar mereka. Itu pun mungkin, anak saya paling terlambat untuk mengirimkan hasil kerja tugasnya.

Sementara mendampingi kerja tugas anak, isteri tetap masuk kerja seperti biasa, karena tuntutan kantornya. Sayalah yang harus mendampingi kerja tugas anak. Tugas-tugas anak itu macam-macam. 

Mulai dari menulis biasa, menulis indah, berhitung, menggambar, merekam video menyanyi, merekam membaca sajak, sampai pada kerja tugas-tugas prakarya lalu diphoto dan dikirimkan ke group. 

Dalam mendampingi kerja tugas-tugas anak saya ini, ternyata bukan hal yang mudah dan gampang. Hanya awal di minggu pertama yang terasa begitu gampang. Karena anak saya masih turut dan patuh untuk mengerjakan tugas-tugasnya. 

Mungkin bukan hanya anak yang merasakan capek tetapi saya juga merasakan bosan dan capek.

Megerjakan tugas sekolah dari rumah|Dokpri
Megerjakan tugas sekolah dari rumah|Dokpri

Dalam situasi bosan, capek dan jenuh, apa yang dilakukan saya kepada anak untuk mengusir kejenuhan dan kebosanannya? Inilah pertanyaan pokok yang terus bergemuruh dalam pikiran saya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun