Mohon tunggu...
Alfius Sabon
Alfius Sabon Mohon Tunggu...

Guru Kampung/Tinggal di Flores Timur

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Internet Sarana Membangun Desa dan Memajukan Negeri

27 Januari 2019   16:41 Diperbarui: 27 Januari 2019   20:40 0 4 1 Mohon Tunggu...
Internet Sarana Membangun Desa dan Memajukan Negeri
Blog Desa Watobuku (sumber: https://desawatobuku.blogspot.com)

Internet merupakan salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat Indonesia saat ini. Kebutuhan akan informasi dan pengetahuan yang dapat diperoleh dari internet merupakan salah satu kebutuhan sehari hari. Selain sebagai sarana media sosial, internet memiliki fungsi yang penting untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan dengan cara yang mudah.

Perkembangan internet di Indonesia bisa dibilang sangat pesat. Masyarakat yang mulai melek internet, kini menjadikan internet sebagai kebutuhan sehari-harinya. Bahkan kini ibu-ibu rumah tangga memerlukan Internet Rumah dalam kesehariannya. 

Mulai dari mencari informasi tentang kesehatan anak, resep masakan, berbelanja online, bahkan sampai melakukan bisnis online. Anak-anak kini juga sudah menggunakan internet sebagai sarana belajar dengan mencari informasi tentang buku dan hal-hal seputar pendidikan.

Dalam hal mencari informasi di internet, survei oleh APJI (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) tahun 2016 menyebutkan bahwa mayoritas pengguna Internet mengakses internet untuk tujuan update informasi, yaitu sekitar 25,3% atau 31,1 juta orang. Tentunya di tahun 2019 ini pengguna internet dengan tujuan update informasi semakin meningkat.

Saya membayangkan jika internet diisi dengan konten positif maka aka nada 31,1 juta yang membaca dan kemungkinan menyebarkannya. Pasti banyak hal postif yang terjadi. 

Negara ini harus bergerak, maju dan terus membangun bahkan mengejar ketertinggalan dengan negara lain. Segala potensi yang bisa dimanfaatkan untuk meraih kemajuan harus dimaksimalkan, seperti halnya dengan internet.

Pemerintah desa sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat dalam mengurusi dan mengatur kepentingan masyarakat dapat memanfaatkan sarana internet untuk kemajuan desa. 

Banyak hal bisa dimanfaatkan oleh pemerintah desa melalui sarana internet. Salah satunya dengan membuat website desa atau blog desa. Melalui website atau blog desa, pemerintah desa dapat mengabarkan perkembangan dan potensi yang dimiliki desanya.

Website atau Blog Desa Sebagai Penyedia Informasi

Saat ini desa-desa di Indonesia berlomba-lomba untuk menciptakan inovasi desa guna meningkatkan taraf ekonomi masyarakat desa. Apalagi didukung dengan dana desa yang lumayan besar setiap tahunnya. Maka sudah selayaknya, desa-desa dapat memanfaatkan sarana internet sebagai sumber menyebarkan informasi desa.

Ini bisa dilakukan dengan membuat website desa atau blog desa dengan cara menyiapkan portal khusus mengenai kabar seputar desa. Pemerintah desa bisa menyebarkan kondisi kesehatan masyarakat, pendidikan, pertanian, kelautan, budaya, wisata maupun peristiwa yang terjadi didesanya melalui website atau blog desa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3