Mohon tunggu...
Alfida Husna
Alfida Husna Mohon Tunggu... Blogger

Penulis yang menemukan ruang berpikir dan bertumbuh lewat tulisan. Menulis bukan sekadar hobi, melainkan cara aku merangkai makna dari keseharian, menjadikannya ide dan cerita yang bisa dibagi. Aku juga membagikan cerita di Instagram @alfidahusna & @ceritambun.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Terinspirasi dari Mega Carpet: Digitalisasi Bisnis Bukan Lagi Opsi, Tapi Fondasi

24 Agustus 2025   15:51 Diperbarui: 24 Agustus 2025   15:51 64
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Toko Mega Carpet (Sumber: Instagram @indibiz.id)

Memiliki bisnis coffee shop di tengah gempuran banyak pecinta kopi memang terlihat menjanjikan. Namun, tetap saja ada tantangannya. Ada saja kendala yang kami hadapi setiap harinya.

Kadang aku berpikir, "Apalagi ya yang harus kami tingkatkan agar pelanggan betah berlama-lama di Sakhaja Kopi?"

Aku percaya, menjadi entrepreneur bukan sekadar menjual produk. Lebih dari itu, kami membangun cerita bersama pelanggan. Bagaimana pengunjung bisa merasa nyaman, menikmati suasana, hingga menjadikan kafe sebagai tempat favorit. Itulah yang selalu kami pikirkan di tengah persaingan bisnis kopi yang semakin ketat.

Di era digital, keberadaan teknologi bukan hanya soal promosi, tapi juga inspirasi. Di Sakhaja Kopi, kami memanfaatkan digitalisasi untuk sistem pembayaran dan menyediakan fasilitas Wi-Fi bagi pengunjung. Namun, ada kalanya ketika pengunjung ramai, internet jadi tidak stabil. Sistem pembayaran pun ikut terganggu. Kondisi seperti ini tentu membuat kami berpikir keras agar tidak terus berulang.

Sampai suatu saat, aku mencoba mencari inspirasi melalui Instagram. Saat sedang scrolling, aku menemukan akun Instagram @indibiz.id. Dari sana aku melihat kisah inspiratif para entrepreneur yang sukses melakukan digitalisasi bisnisnya. Salah satunya adalah Mega Carpet.

Mega Carpet: Dari Offline ke Digital

Macam-macam Karpet (Sumber: Instagram @indibiz.id)
Macam-macam Karpet (Sumber: Instagram @indibiz.id)

Mega Carpet merupakan contoh bagaimana digitalisasi bukan lagi opsi, tapi fondasi. Dengan internet bisnis stabil, mereka menjaring pelanggan baru melalui online dan offline, memperluas pasar, dan memudahkan pembeli untuk terhubung langsung dengan brand.

Hardi, Owner Mega Carpet mengaku sudah lebih dari 10 tahun menggunakan layanan dari Telkom. Tokonya bukan hanya berada di Jakarta, tapi juga di beberapa e-commerce seperti Tokopedia, Shopee dan Tiktok.

Beliau merasakan sendiri bagaimana stabil dan lancarnya internet menggunakan Indibiz saat mengunggah produk ke website jadi lancar, selain itu transaksi yang menggunakan sistem digital juga ikut lancar. 

Konsepnya sama seperti kafe kami yang melayani pembeli melalui online dan pembayaran melalui digital. Sepertinya kami juga harus mulai mempertimbangkan penggunaan internet untuk Sakhaja Kopi agar pelanggan betah berlama-lama dan bisnis kami pun jadi lancar. 

Menjadikan Bisnis Lebih Dekat dengan Pelanggan

Dari cerita Mega Carpet, aku belajar satu hal penting, bisnis harus selalu beradaptasi. Jika dulu cukup dengan pelayanan tatap muka, sekarang pelanggan ingin semua serba cepat, mudah, dan nyaman, baik secara langsung maupun digital.

Aku jadi semakin yakin, jika ingin Sakhaja Kopi terus tumbuh, kami juga harus berani bertransformasi. Tidak cukup hanya mengandalkan rasa kopi yang enak atau tempat yang nyaman, tapi juga memastikan digitalisasi berjalan dengan baik.

Bagi entrepreneur seperti kami, kisah Mega Carpet bukan hanya inspirasi, tapi juga pengingat bahwa setiap langkah menuju digitalisasi adalah investasi jangka panjang. Karena pada akhirnya, yang membuat pelanggan bertahan bukan hanya produknya, melainkan juga pengalaman menyeluruh yang mereka dapatkan.

Hardi berharap kedepannya dunia ekonomi dan digital makin berkembang, sehingga kita lebih mudah menemukan produk dalam dunia digital. Aku juga setuju, di era digital dan serba cepat ini, baik pelaku bisnis maupun customer semua ingin berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan teknis. 

Inspirasi itu nyata, sesuatu yang sederhana seperti kisah Mega Carpet dan entrepreneur lain menjadi pemicu transformasi bagiku sebagai entrepreneur. Digital bukan hanya alat bantu, tapi jalan menuju pertumbuhan yang lebih luas. Karena ke depannya, bila kita ingin terus berkembang, fondasi digital harus dibangun dari sekarang. 

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun