Mohon tunggu...
Alfarisma Melandika
Alfarisma Melandika Mohon Tunggu... Lainnya - Pecinta kopi, coklat, hujan, dan senja

Terus belajar dan tidak berhenti belajar karena hidup tidak pernah berhenti mengajarkan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Relawan Kawasan Tanpa Asap Rokok

5 November 2022   20:04 Diperbarui: 11 November 2022   01:15 854
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi dilarang merokok. (sumber: SHUTTERSTOCK via kompas.com)

Di sekolah-sekolah, baik itu sekolah dasar maupun menengah, bahkan sampai jenjang universitas, umumnya memiliki berbagai kegiatan ekstrakurikuler. 

Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan tambahan yang dilakukan di luar jam pelajaran. Adapun tujuan kegiatan ekstrakurikuler adalah untuk mengembangkan bakat dan minat peserta didik sesuai dengan bidangnya masing-masing. 

Kegiatan ekstrakurikuler ini biasanya terdiri dari berbagai macam bidang, seperti olahraga (sepak bola, voli, basket, silat, futsal, badminton, tenis meja, takraw, dan lain-lain), kesenian (tari, musik, paduan suara, vocal, dan lain-lain).

Selain itu ada juga tentang bahasa dan sastra (teater, mading, jurnalistik, english club, dan lain-lain), pramuka, PMR, pecinta alam, karya ilmiah remaja, sains, dan masih banyak ekstrakurikuler-ekstrakuriler yang lain.

Di SMP Negeri 9 Tarakan, sebuah sekolah yang terletak di Kota Tarakan bagian utara, ada salah satu ekstrakurikuler yang peduli dengan lingkungan, yaitu Relakataro. Relakataro kepanjangan dari Relawan Kawasan Tanpa Asap Rokok

Ekstrakurikuler ini bekerja sama dengan Puskesmas yang merupakan salah satu instansi pemerintah yang bertugas memberikan layanan kesehatan terhadap masyarakat. 

Anggota Relakataro ini dibagi menjadi beberapa tim, diantaranya Tim Monitoring Kawasan Tanpa Asap Rokok, Tim Skrining Risiko Perokok, Tim Informasi Edukasi, dan Tim Luru Utis.

Baca juga: November Rain

Kawasan tanpa asap rokok (dok. Tinus)
Kawasan tanpa asap rokok (dok. Tinus)

Sesuai dengan namanya, Tim Monitoring Kawasan Tanpa Asap Rokok ini bertugas melakukan monitoring dengan radius yang telah ditentukan di sekitar sekolah dalam jangka waktu tertentu. Kegiatan ini juga bisa melibatkan orang tua peserta didik atau komite sekolah. 

Sedangkan skrining risiko perokok dan informasi edukasi ini dilaksanakan bekerja sama dengan Puskesmas. Skrining atau pemeriksaan ini untuk melihat paparan gas CO yang masuk ke dalam paru-paru tubuh seseorang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun