Mohon tunggu...
Aldina Hasti Putri
Aldina Hasti Putri Mohon Tunggu... mahasiswa universitas Jember

mahasiswa prodi perencanaan wilayah dan kota universitas jember. menyukai dunia literasi.

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Surat Lika-liku Perjalanan Sebuah Negara Demokrasi

17 Juli 2020   11:48 Diperbarui: 17 Juli 2020   11:49 58 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Surat Lika-liku Perjalanan Sebuah Negara Demokrasi
Sumber gambar: tempo.co

Bukan lautan hanya kolam susu

Kail dan jala cukup menghidupimu

Tiada topan tiada badai kau temui

Ikan dan udang menghampiri dirimu

Orang bilang tanah kita tanah surga

Tongkat kayu dan batu jadi tanaman

               

Sedikit cuplikan lirik lagu ciptaan Koes Plus ini memang benar mengambarkan kehebatan negeri kami, lagu yang berjudul kolam susu ini begitu melegenda ditelinga masyarakat Indonesia. Kekayaan alam Indonesia sangat berlimpah  seperti  gundukan tambang emas freeport di Papua, tambang nikel di Sumatera, tambang batubara di Kalimantan, dan masih banyak lagi.

Disamping itu, saya ikut senang mendengar sebuah kabar baik Indonesia naik kelas!. So, kabar baiknya adalah terhitung dari tanggal 1 juli 2020 bank dunia mengumumkan klasifikasi pendapatan negara berdasarkan tingkat pendapatan yang mulanya berada pada menenggah kebawah (lower-middle income) naik menjadi negara dengan pendapatan menenggah keatas (upper- middle income) dibutuhkan waktu lebih dari setenggah abad untuk meraih peningkatan ini. Oleh karena itu, saya berterimakasih berkat kerja keras para parlemen saat ini yang telah membuahkan hasil.

Terlepas dari kabar baik, kondisi sekarang tiap negara digoncang pandemi yang masih belum mereda, sedangkan negara Indonesia mendapat peringkat kasus positif tertinggi di ASEAN.  Penambahan kasus yang terhitung fantastis setiap harinya membuat banyak sektor negara menjadi merosot. Para pabrik terpaksa gulung tikar, phk terjadi dimana mana, dan informasi terbaru dari pemerintah akan ditiadakan lowongan tes CPNS tahun 2020 dan 2021. fenomena ini mengakibatkan lapangan pekerjaan semakin sulit dan berimbas pada perekonomian yang ada.

Menjadi sebuah pemimpin negara adalah hal yang sulit. Disituasi saat ini rakyat membutuhkan banyak kejelasan yang beragam, penyelesaian ini dan itu, protes sana sini. Huft... menjadi seorang presiden memang harus memiliki tanggung jawab besar, sebagai negara dengan 17.000 pulau, lebih dari 700 suku, dan 1000 jenis Bahasa daerah menciptakan banyak prioritas yang berbeda pada tiap induvidu/ kelompok.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN