Mohon tunggu...
Andi Ardianto
Andi Ardianto Mohon Tunggu... Guru - Guru SD IT Insan Cendekia

Semoga tulisan yang saya hasilkan bisa menjadi amal yang terus mengalir.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Berkah, Berkah, Berkah (2)

17 Desember 2018   09:38 Diperbarui: 17 Desember 2018   09:57 56
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Di tulisan terdahulu (Berkah, Berkah, Berkah (1)) saya sudah menulis tentang seorang guru yang 'nyambi' pekerja sosial dengan segala keberkahannya.

Tulisan ini adalah lanjutan dari bagian pertama.

//

"Saya ini orang yang sangat percaya keberkahan hidup sangat berkaitan dengan kejujuran kita dalam berkarya. Yang punya usaha, ya berkaitan dengan kejujurannya menjalankan usaha. Yang bekerja pun demikian.

Saya ini kan guru, sudah puluhan tahun jadi banyak pengalaman. Banyak guru yang penuh dedikasi. Jarak tempuh jauh dari rumah tapi tidak terlambat. Ini guru yang hebat. Sudah banyak yang saya jumpai. Untuk perjalanan saja hampir dua jam. Puluhan kilo. Apalagi sudah tua, ya, bisa dimaklumi.

Tapi... oknum yang kurang bahkan tidak disiplin juga tidak sedikit.

Stop. Berhenti dulu. Saya tegaskan lagi, 'oknum' biar tidak salah paham.

Saya kadang sampai geleng-geleng, lha masuk sekolah kok terlambatnya berjam-jam. Konsisten lagi. Pie jal? Ini bukan guru teladan, tapi guru telatan" Katanya diselingi tawa rendah.

"Melihat guru model gini itu rasanya geregetan. Ingin menegur tapi kok nggak enak. Lha sama-sama guru. Yang membedakan hanya masa kerja saya lebih lama. Tapi... ya, tetap nggak enak"

"Apa tidak ada kontrol dari pimpinan?" Saya menyela.

"Mas, sekolah saya itu jauh. Di pelosok yang aksesnya tidak mudah. Dari dinas terkait juga, mungkin, malas kalau harus ke sini. Apalagi jalannya, mas lihat sendiri, di banyak tempat lebih tepat dibilang sungai kering."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun