Mohon tunggu...
Alaya
Alaya Mohon Tunggu... Mahasiswa

live happily!

Selanjutnya

Tutup

Money

Dari Desain Grafis hingga Terbentuknya Creative Lab

20 April 2020   01:14 Diperbarui: 20 April 2020   01:37 1651
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
spot di MAKNA Creative Lab

Bakat adalah anugerah terbaik yang diberikan oleh tuhan. Namun bagaimana bila anda memiliki bakat lalu anda mengasah nya? hal itu tentu saja bisa terjadi kepada kita yang ingin sukses.

Untuk menjadi sukses kita perlu meracik bahan-bahan seperti niat, usaha dan tawakal dan bahkan sedikit taburan kenekatan bagi orang orang tertentu. Dan tentu, untuk menjadi seseorang yang nekat diperlukan nya pemikiran yang cukup lues dan pandai melihat peluang.

Siapa yang menyangka? Berawal dari profesi Graphic Designer hingga dapat membentuk sebuah Creative Lab. Yaa, sosok tersebut adalah Ernanda Putra. Ia adalah founder of MAKNA GROUP.

Apa yang ada dibenak kalian bila mendengar kata creative? Ya tentunya adalah ide dan masih banyak lagi arti kata kreatif denga luas. Di era digital sekarang ini, sangat membuka kesempatan yang besar bagi Anda, khususnya para kaum muda di Indonesia untuk mengeksplor segala sesuatu menjadi lebih mudah. Mungkin dari yang dulunya hanya sekadar hobi saja untuk 'main' facebook, twitter, instagram, youtube.

Kini berawal dari hobi tersebut bisa menghasilkan uang. Sebagai contoh Nanda adalah sapaan akrab dari Ernanda Putra dimana ia menjadi Founder and Creative Director of Makna.

Berdasarkan dari Linked-In miliknya, Nanda merupakan alumni dari Universitas Pelita Harapan (UPH) jurusan Graphic Design, dimana setelah kelulusan nya itu ia bekerja di Fullfill Artplication menjadi Graphic Designer yang kemudian setelah itu ia menjadi dosen pengajar di Universitas Pelita Harapan (UPH) selama kurang lebih 5 tahun dan pada akhirnya memutuskan untuk fokus membangun MAKNA GROUP ini.

Keenan Pearce bersama Ernanda Putra (maknagroup)
Keenan Pearce bersama Ernanda Putra (maknagroup)

Awal mula terbentuknya MAKNA

Sejarah bagaimana bisa MAKNA menjadi seperti sekarang ini berawalan dari Nanda yang membuka akunnya di instagram pertama kali pada tahun 2010 dan menyadari adanya peluang besar yang dapat diciptakan bagi para creative, yang kemudian pada tahun-tahun berikutnya ia mendapat respon yang sangat baik dari instagram dimana photo yang dia post diplatform tersebut direpost oleh @instagram, dari sana ia mendapatkan followers yang melonjak.

Sampai pada akhirnya Nanda beranggapan bagaimana ia dapat mempromosikan sebuah brand namun bagaimana bila platformnya dibesarkan menjadi tidak personal, kemudian munculah nama makna. Itu adalah lahirnya nama "makna" yang kemudian Nanda berinisasi untuk mengajak kerabatnya yaitu Keenan Pearce ia adalah seorang public figure indonesia dan juga enterpreneurship.

Kemudian Dibangunlah oleh mereka sampai pada akhirnya berdatangan client, karena koneksi mereka cukup kuat. Hingga sampai sekarang makna telah menjadi MAKNA GROUP yang menitik fokuskan pada MAKNA CREATIVE, MAKNATALKS dan MAKNA COFFEE.

salah satu spot di MAKNA Creative Lab (maknagroup)
salah satu spot di MAKNA Creative Lab (maknagroup)

Karya MAKNA yang mencapai international

MAKNA sendiri merupakan Creative Lab yang berada dibilangan Jakarta selatan. MAKNA merupakan agency digital yang memiliki service antara lain; Conceptual Advertisements, Creative and Art Direction, Branding, Concept and Content Development, and Social Media Activations.

Nanda sendiri mengatakan pada interviewnya dengan Surabaya Spotlight " kita (MAKNA) bisa jadi apa saja yang kalian pengen kita bisa jadi agency digital, creative design, bahkan ada waktu itu client dateng ke kita belum ada brief sama sekali". MAKNA ini terkenal dengan design nya tanpa alternatif.

Banyak project yang telah berhasil dan membuat surprise, salah satu project MAKNA yang membuat saya kagum adalah project Offline Activation, Event Production, Visual Concept and Direction untuk AIA Company Healthfest with David Beckham. Saya Merasa kagum karena perusahaan tersebut adalah perusahaan yang sudah besar dan internsional ditambah kehadiran David Beckham.

Di saat banyaknya agency yang ada di Indonesia dan lebih berpengalaman namun MAKNA ini hadir dan dapat merepresentasikan bahwa kreativitas itu tidak dapat diukur dengan seberapa lama pengalaman sebuah perusahaan itu berdiri.

Berdasarkan Video unggahan di akun youtube Creative Nest Indonesia, pesan Nanda kepada seluruh para pekerja kreatif "terus berikan sesuatu yang baru, kasih surprise selalu. Dengan memberikan surprise ke mereka, semakin kita ga ketebak jadi orang dan orang-orang akan selalu nungguin itu dan jangan lupa bekerja yang jujur". Dan menurut nanda bila kita berada atau di dalam sebuah lingkup kreatif kata "Self-Branding" itu paling penting untuk menjaga karakter kita.

Dan pada intinya lakukan yang terbaik dalam hidup ini. Gunakan kreativitas sebaik mungkin. Niat, usaha, peluang dan sedikit keberuntungan merupakan kunci kesuksesan. Jadilah idealis yang realistis.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun