Mohon tunggu...
Muhammad AlFarobi
Muhammad AlFarobi Mohon Tunggu... Penulis mencoba memberikan tulisan tentang pendidikan melalui berbagai sudut pandang

Artikel memuat berbagai bidang kehidupan dan khususnya dalam bidang pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Bahasa, Produk Suatu Budaya Setiap Bangsa

6 September 2019   16:50 Diperbarui: 6 September 2019   17:11 0 0 0 Mohon Tunggu...

Bahasa merupakan produk suatu budaya setiap bangsa. Setiap bahasa mempunyai karakteristik tertentu yang tidak di miliki oleh bahasa yang lain mulai dari suara, logat, tata bahasa, angka maupun hurufnya. Perbedaan inilah yang terkadang menjadi unsur akulturasi bahasa dengan menyerap sebagian karakteristik bahasa lain untuk di terapkan di bahasa tertentu.

  Salah satunya adalah bahasa Arab. Banyak sekali kosa kata bahasa Arab yang di serap kedalam bahasa indonesia mulai dari kosa kata peribadatan, kata benda bahkan kosa kata kehidupan sehari-hari. Hal itu menunjukan batapa eratnya hubungan antar bahasa Arab dengan budaya indonesia. Salah saru faktor yang menjadi pendukung ialah Agama islam.

Agama islam menjadi mayoritas pilihan masyarakat yang di bawa oleh para pendakwah dari timur tengah sehingga sebagian karakteristik bahasa Arab terserap dengan bahasa lokal dan bahasa Indonesia. Tapi tak siapa sangka, masyarakat Indonesia lebih mengenal urutan nilai angka Romawi di banding dengan urutan nilai angka Arab. Tak jarang angka Romawi di gunakan dalam penomoran suatu tingkatan seperti tingkatan kelas, tingkatan bencana bahkan urutan penulisan karya ilmiah.

Bahasa Arab sendiri juga mempunyai urutan nilai angka Arab. Tapi sayangnya banyak sekali masyarakat yang belum mengetahui keberadaanya. Sebagai pelajara bahasa Arab, hendaknya mereka mengetahuinya. Berikut ini kami paparkan urutan nilai angka Arab.

Nilai Huruf

Urutan Nilai Huruf Hijaiyah

Urutan Nilai Huruf Romawi

1

I

2

II

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
KONTEN MENARIK LAINNYA
x