Mohon tunggu...
Akhmad FaThur
Akhmad FaThur Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ikatlah ilmu dengan tulisan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

BISMILLAH

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mengenang Perjuangan Santri dan Ulama Melawan Tentara Sekutu

20 Oktober 2021   16:35 Diperbarui: 20 Oktober 2021   16:36 271 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kali ini saya akan mengupas beberapa pendapat atau opini saya mengenai hari santri, apa sih hari santri menurut kalian itu? Mungkin kita sudah tidak asing dengan hari santri terutama buat kalian yang pernah mondok atau sedang mondok , sebelum kita lebih jauh membahas hari santri alangkah baiknya kita cari tahu dulu apa itu santri, Dari perkataan Ustad atau Kyai Yang Pernah saya dengar salah satu Ustad berkata bahwa yang namanya santri itu itu bukan hanya orang yang sedang mondok tapi santri yang sesungguhnya itu adalah mereka yang menuntut ilmu mencari ilmu dan belajar ilmu agama di manapun mereka berada maka bisa dikatakan bahwa jika kita semua saat ini masih belajar agama Islam jam belajar agama itu bisa dikatakan kita sebagai Santri.

Lalu apasih hari sntri itu? Hari santri adalah Penetapan Hari Santri Nasional yang dimaksudkan untuk mengingat dan meneladani semangat jihad para santri merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang digelorakan para ulama. Tanggal 22 Oktober merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni seruan yang dibacakan oleh Pahlawan  Nasional KH. Hasjim Asy'ari pada 22 Oktober 1945. Jadi dapat kita diberi kesimpulan kalau hari santri ini hanya ada sekali dalam setahun.

Menurut laman wikipedia.com Hari Santri Nasional (HSN) itu sendiri jatuh pada tanggal 22 Oktober pada setiap tahunnya nya.  peringatan ini pada mulanya waktu itu ditetapkan oleh Presiden yang pada waktu itu menjabat yaitu haji Insinyur Presiden Joko Widodo pada tanggal 22 Oktober 2015 tempatnya tempatnya di Masjid Istiqlal Jakarta.  sejarah ini Bermula sejarah ini pada awalnya bermula ketika ka    ada ketika BAB di waktu berkembang ke mall di suatu pondok pesantren di sana tepatnya di pondok pesantren Babussalam Banjarejo Pagelaran Malang,  pada kesempatan itu juga beliau menandatangani kontrak politik dengan pengasuh PP Babussalam waktu itu yakni KH Thariq Bin Ziyad Bin Ziyad sapaan akrabnya Gus Thoriq. Pada penandatanganan kontrak yang waktu itu ditandatangani oleh Bapak Joko Widodo kontrak politik sumpah tersebut awal mulanya yakni akan ditetapkan pada tanggal 1 Muharram.  penetapan hari santri ini hari santri nasional ini dimaksudkan untuk mengingat dan meneladani semangat jihad para santri pada zaman dahulu yang berusaha merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang digelorakan para ulama pada waktu itu.   pada tanggal 22 Oktober waktu itu merujuk pada ada suatu peristiwa yang sangat bersejarah khususnya di kalangan santri dan umat Islam jam pada waktu itu yakni seruan yang dibacakan oleh salah satu pahlawan nasional Al itu Kyai Haji Hasyim Ashari pada 22 Oktober 1945.  seruan ini berisikan perintah  Khususnya nya kepada umat Islam jam untuk berperang Jihad melawan tentara sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca proklamasi kemerdekaan pada waktu itu.   sekutu ini maksudnya adalah Inggris sebagai pemenang perang dunia 2 untuk mengambil alih tanah jajahan Jepang pada waktu itu yaitu Indonesia.  ternyata pada waktu itu juga datangan tentara sekutu ke Indonesia ini ini atau di belakang tentara Inggris ini ternyata ada pasukan tentara Belanda yang ikut membonceng tentara sekutu Inggris yang datang ke Indonesia.

Sebenarnya nya hari santri nasional hsn yang jatuh pada tanggal 22 Oktober tiap tahunnya ini memiliki beberapa aspek lain yang melatarbelakangi penetapan ASN ini,   yang melatarbelakangi Penetapan hari santri nasional hsn ini adalah pengakuan resmi yang waktu itu disampaikan pemerintah Republik Indonesia atas peran besar umat Islam dalam berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta menjaga negara kesatuan Republik Indonesia.  Ini sekaligus merevisi beberapa Catatan sejarah nasional pada waktu itu sampai saat ini terutama yang ditulis pada masa orde baru,  yang hampir tidak pernah menyebut peran ulama dan kaum santri dalam berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta menjaga negara kesatuan Republik Indonesia pada waktu itu pada waktu tentara sekutu yang diboncengi oleh Belanda datang kembali ke negara satuan Republik Indonesia ini. 

Di peringatan hari santri tahun 2021 ini mungkin masih terasa akan berbeda seperti tahun 2020 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang belum virus wabah pandemi covid 19 melanda di seluruh dunia tak terkecuali Indonesia.  Logo peringatan Hari santri hsn di tahun 2021 ini juga sudah dirilis oleh pemerintah khususnya Kementerian Agama .

Peringatan Hari Santri 2021 ini mengusung tema yaitu santri siaga jiwa raga,  sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air mempertahankan persatuan Indonesia dan mewujudkan perdamaian dunia.  juga merupakan komitmen seumur hidup yang lahir dari sifat rendah hati pengalaman dan tempaan santri selama di pesantren siaga jiwa berarti santri tidak boleh lengah menjaga kesucian hati dan akhlak berpegang teguh pada aqidah nilai dan ajaran Islam rahmatan lil alamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia.  karena San tidak member ancaman id ideologi yang merusak pemilik Indonesia.  dia gara-gara berarti badan,  tubuh,   tenaga dan di untuk karena karena,  santri tidak pernah lelah berusaha dan terus berkarya untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 jadi siaga jiwa raga menjadi sangat penting di masa pandemi covid 19 segar seperti sekarang ini dimana para santri juga harus tetap disiplin dan tidak boleh lengah dalam menjaga protokol Kesehatan 5 M + 1 D yaitu memakai Masker mencuci tangan menjaga jarak menjauhi kerumunan mengurangi mobilitas dan jangan lupa untuk selalu berdoa demi kepentingan kita semua bersama seluruh negara kesatuan Republik Indonesia in.

Dikutip dari laman kemenag.go.id Di Hari Santri Hasional (HSN) yang diselenggarakan di tahun 2021 ini Pemerintah juga sudah menyiapkan logo yang mengusung tema santri siaga jiwa raga yaitu ada dari huruf hijaiyah

gambar-2-616fe18d06310e5c0179c115.png
gambar-2-616fe18d06310e5c0179c115.png
gambar-3-616fe1a106310e2dc65f0da2.png
gambar-3-616fe1a106310e2dc65f0da2.png
gambar-4-616fe1ca01019061454239c2.png
gambar-4-616fe1ca01019061454239c2.png
gambar-5-616fe1da06310e1fd7594d12.png
gambar-5-616fe1da06310e1fd7594d12.png

Daftar Pustaka

 https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Santri_Nasional

https://www.kemenag.go.id/archive/logo-peringatan-hari-santri-tahun-2021

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan