Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

"Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan"

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Implementasi Kurikulum Merdeka di Tengah Merebaknya Arus Informasi dan Teknologi

16 Juli 2022   13:26 Diperbarui: 16 Juli 2022   13:27 226 16 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tekhnologi informasi sebagai salah satu alat penunjang terhadap implementasi kurikulum merdeka, Sumber : floodyberry.com

"Arus tekhnologi informasi era digitalisasi sudah tak terbendung lagi, merebaknya informasi tekhnologi ini tentu membawa dua konsekuensi sekaligus, yakni positif dan negatif"

Begitu pun dengan dunia pendidikan kita, informasi dan tekhnologi menjadi salah satu acuan dan penggunaan yang sangat vital pada masing-masing lembaga pendidikan.

Karena dengan canggihnya tekhnologi sebagai alat informasi, serta menjadi alat penghubung dalam konstek sosial menjadi pengaruh yang sangat besar terhadap sistem dan pola pendidikan kita.

Hadirnya kurikulum merdeka yang segera di implementasikan dalam proses belajar mengajar pada tahun ajaran 2022/2023 ini bukan berarti menjadi satu-satunya kurikulum yang paling sempurna.

Faktanya mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim masih memberikan pilihan terhadap instansi pendidikan untuk menerapkan kurikulum yang sesuai dengan karakteristik dari lembaga pendidikan itu sendiri.

Penerapan kurikulum merdeka ini, sebagai bentuk atas berbagai persoalan yang terjadi dalam dunia pendidikan kita, terutama situasi dan kondisi pendidikan kita saat pandemi covid 19 berlangsung.

Dikala pandemi covid 19 mewabah, aturan menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mencuci tangan (3M), menjadikan perubahan yang signifikan terhadap dunia pendidikan kita.

Dimana anak didik yang semula bisa belajar tatap muka dan saling melakukan kontak sosial, justru pada saat itulah penggunaan tekhnologi informasi sebagai alat dalam proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan kecanggihan tekhnologi yang tak bisa kita bendung hari ini.

Baca Juga : Mengantisipasi Krisis Pangan Global dengan Menggalakkan Investasi Hijau

Tekhnologi informasi ini sebagai sebuah kebutuhan primer dalam suatu instansi sudah menjadi sebuah keharusan, dimana pendidikan itu sendiri dengan sistem serba online, maka fasilitas dari pendidikan itu sendiri sudah harus dilengkapi secar bertahap, meski mendikbudristek masih belum sepenuhnya mewajibkan proses pelaksanaan tersebut secara serentak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan