Mohon tunggu...
Akbar Mk
Akbar Mk Mohon Tunggu... Lainnya - Belum bekerja

Menyukai konten yang berbau kesehatan terutama di bidang komunitas

Selanjutnya

Tutup

Nature

Mahasiswa UNEJ Kenalkan Potensi Larva Lalat BSF ke Masyarakat Desa Bandilan dalam Upaya Penanggulangan Limbah Organik

28 November 2022   12:35 Diperbarui: 28 November 2022   12:49 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri

Desa Bandilan merupakan salah satu desa di wilayah Kecamatan Prajekan, Kabupaten Bondowoso yang memiliki banyak limbah organik dari sektor pertanian, sektor peternakan, dan sektor rumah tangga. Menurut masyarakat Desa Bandilan, tidak semua limbah organik dapat diolah menjadi pupuk kompos dan pakan ternak sehingga banyak limbah organik yang tidak diolah dengan baik sehingga menurunkan kualitas kesehatan lingkungan. Jika tidak segera ditangani, maka akan berpengaruh pada kesehatan di masyarakat sekitar. Dengan adanya permasalahan tersebut, Mahasiswa UNEJ dalam program Mahasiswa Berdesa mengenalkan larva lalat BSF melalui sosialisasi.

Tujuan dari kegiatan ini adalah agar masyarakat terutama yang bertempat tinggal di Desa bandilan mampu mengetahui dan memahami dari pentingnya melakukan pengelolaan limbah organik agar tidak menjadi masalah kesehatan di kemudian hari. Selain itu, dengan mengenalkan potensi dari larva lalat BSF, diharapkan masyarakat Desa Bandilan berminat untuk budidaya lalat BSF yang memiliki nilai ekonomi dengan jumlah permintaan yang cukup tinggi.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari minggu tanggal 27 November 2022 yang bertempat di Kantor Desa Bandilan. Para peserta didominasi oleh bapak-bapak yang berprofesi sebagai petani. Mereka tampak antusias terutama ketika para mahasiswa mulai memperlihatkan tiap peralatan budidaya lalat BSF.

Kegiatan ini mendapatkan banyak apresiasi dari para peserta sosialisasi. Menurut salah satu peserta sosialisasi, sosialisasi ini sangat bermanfaat untuk memberikan gambaran kepada masyarakat Desa Bandilan tentang pentingnya pengelolaan limbah organik dengan baik dalam upaya peningkatan kualitas sanitasi serta besarnya potensi budidaya lalat BSF dalam pemanfaatan limbah menjadi produk yang kaya akan protein.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun