Mohon tunggu...
Akbar Pitopang
Akbar Pitopang Mohon Tunggu... Guru - Belajar Sambil Mengajar | Pendidikan Sepanjang Hayat

Bukan Sensasi Tapi Esensi. Alam takambang jadi guru | Pernah menjadi relawan KSR PMI Jogja, Chief storekeeper di Lombok, Operational-admin staff di MNC Payakumbuh | Pemerhati dunia edukasi, pendidikan agama, parenting dan psikologi anak, sosial budaya dan lifestyle | Bagian dari buku kolaborasi Kompasiana: Cinta Indonesia Setengah dan Jelajah Negeri Sendiri | Let inspired to inspiring πŸ‘

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Gawat Darurat Suporter Sepakbola Indonesia dan Urgensi Mengentikan Kekerasan

2 Oktober 2022   15:59 Diperbarui: 2 Oktober 2022   19:09 435 40 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Suasana kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, 1 Oktober 2022 (foto: Kompas.com/Suci Rahayu)

Pagi ini ketika kami membuka media sosial, ternyata timeline dibanjiri dengan pemberitaan mengenai tragedi di stadion kanjuruhan malang yang memakan korban jiwa yang tak sedikit hingga ratusan nyawa melayang sia-sia.

Tragedi yang terjadi semalam di stadion kanjuruhan menambah daftar panjang peristiwa kerusuhan yang terjadi di arena lapangan sepak bola yang memakan korban jiwa.

Sungguh kejadian kali ini semakin menjadikan dunia sepak bola diliputi oleh penilaian negatif dan memperburuk citra sepak bola nasional di mata masyarakat dan dunia.

Laga sepak bola yang sejatinya menjadi sebuah olahraga yang sifatnya sebagai hiburan bagi masyarakat, suporter dan penonton yang menyaksikan. malah berakhir menjadi sebuah momen "final destination" yang sangat mengerikan.

Timbul banyak pertanyaan di kalangan masyarakat tentang mengapa laga pertandingan sepak bola terus-menerus memakan korban.

Siapakah yang harus disalahkan?

Banyak hal sebenarnya yang perlu dicermati mengenai apa saja elemen yang menjadi faktor terjadinya kerusuhan di stadion sepak bola yang memakan korban.

Fanatisme suporter dan rendahnya kualitas SDM

Sepak bola memang sangat identik dengan fenomena fanatisme di kalangan para penggemarnya.

Banyak sekali orang di luar sana yang sangat menggandrungi sepak bola bahkan rela mengorban jiwa dan harta benda.

Tidak hanya masyarakat biasa di tanah air yang tergila-gila dengan sepak bola. melainkan masyarakat luar di seantero dunia dari berbagai kalangan juga mengalami fanatisme terhadap sepak bola.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan