Mohon tunggu...
Akbar Pitopang
Akbar Pitopang Mohon Tunggu... Guru - Belajar Sambil Mengajar | Pendidikan Sepanjang Hayat

Bukan Sensasi Tapi Esensi. Alam takambang jadi guru | Pernah menjadi relawan KSR PMI Jogja, Chief storekeeper di Lombok, Operational-admin staff di MNC Payakumbuh | Pemerhati dunia edukasi, pendidikan agama, parenting dan psikologi anak, sosial budaya dan lifestyle | Bagian dari buku kolaborasi Kompasiana: Cinta Indonesia Setengah dan Jelajah Negeri Sendiri | Let inspired to inspiring πŸ‘

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Pengalaman Bekerja Outsourcing untuk Google My Business

13 Juni 2022   13:22 Diperbarui: 15 Juni 2022   20:02 1577 29 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mengenal fitur Google My Business untuk manfaat bisnis anda (via glints.com)

Pada tahun 2018 yang lalu, kami sempat menjadi bagian dari sebuah start up yang dikelola oleh google corporation yaitu Google Bisnisku (Google My Bussiness).

Google Bisnisku (GMB) merupakan platform dari Google yang membuat calon pelanggan lebih mudah menemukan informasi bisnis yang kita kelola di internet.

Informasi yang dapat diakses oleh calon pelanggan terkait bisnis kita meliputi nama brand atau nama bisnis, lokasi, kontak untuk mengubungi owner, website atau situs dari bisnis yang dirintis, jam operasional, ulasan produk dari pembeli, foto dokumentasi berupa produk atau barang serta foto tentang suasana kantor atau proses produksi, dan sebagainya.

Ketika pengguna internet mengetik sebuah pencarian terkait bisnis yang anda bidangi, maka mereka akan mendapat informasi toko, lokasi detail dengan peta petunjuk arah via maps. Google dapat merekomendasikan toko kita kepada para calon pelanggan. Sehingga tentu ini akan menaikkan popularitas sebuah brand bisnis yang kita sedang rintis.

Itulah salah satu keuntungan dan alasan yang bisa kita pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi Google Bisnis. Google akan merekomendasikan toko atau bisnis kita yang sudah didaftarkan di Google Bisnisku (GMB).

Google Bisnisku memiliki segudang manfaat bagi pebisnis yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Google Bisnisku dapat menjadi alternatif tepat sebagai strategi pemasaran bisnis kita. Dibawah ini adalah manfaat dari Google Bisnisku yang berguna dalam mengembangkan usaha atau bisnis yang kita rintis.

Menjangkau calon pelanggan secara luas

Semakin banyak calon pelanggan yang akan mengetahui tentang keberadaan toko anda di lokasi dimana mereka berada pada saat itu. Sehingga calon pelanggan akan tergerak untuk datang ke lokasi bisnis kita.

Misalnya, ketika calon pelanggan mencari informasi toko pakaian terdekat maka informasi tentang toko kita akan muncul dan direkomendasikan google. Dibanding toko lain, calon pelanggan akan lebih tertarik dengan toko kita karena informasinya jelas.

Google akan menampilkan informasisecara detail yaitu alamat, nomor telepon, peta, jam operasional toko, review dari customer dan sebagainya. Sehingga dengan begitu kita bisa mendatangkan lebih banyak pelanggan untuk meningkatkan penjualan dan produktivitas bisnis yang kita kelola.

Calon pelanggan akan lebih mudah mengetahui lokasi dimana bisnis kita berada

Pada umumnya, semua orang saat ini menggunakan internet sebagai jalan untuk mencari informasi tentang suatu produk bisnis, toko atau tempat usaha.Β 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan