Mohon tunggu...
Akbar FadilFirdaus
Akbar FadilFirdaus Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Psikologi Universitas Pendidikan Indonesia

Suka musik & arsitektur

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mengurangi Kejenuhan Saat Pembelajaran Jarak Jauh

17 Oktober 2021   23:48 Diperbarui: 18 Oktober 2021   00:04 51 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pandemi  Covid-19 memberikan dampak yang sangat besar bagi seluruh lapisan masyarakat, mulai dari dampak ekonomi, politik dan perilaku masyarakat. Selain dampak yang sudah disebutkan tadi, dampak lain akibat adanya Covid-19 yaitu pada sektor pendidikan. Pada kegiatan belajar mengajar, pembelajaran jarak jauh mulai diberlakukan setelah Pandemi Covid -19 masuk ke Indonesia, semua pembelajaran yang sebelumnya dilaksanakan secara offline atau tatap muka harus dengan terpaksa dialihkan menjadi pembelajaran jarak jauh secara online.

Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh ini mempunyai sangat banyak kekurangan dan kendala, seperti sulitnya mengakses internet bagi para siswa yang letak rumahnya di pelosok, selain itu faktor ekonomi juga sangat berpengaruh karena berdampak pada kurang meratanya fasilitas yang dimiliki siswa untuk melakukan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh ini.   Selain itu, Pembelajaran Jarak Jauh ini sangat rentan membuat jenuh bagi para siswa karena mengharuskan mereka duduk depan gawai mereka. 

Pada Pembelajaran Jarak Jauh juga sering ditemui siswa siswi yang mematikan kamera saat proses kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Hal seperti itu, merupakan salah satu indikasi bahwa siswa mengalami kejenuhan saat Pembelajaran Jarak Jauh dan kurang tertarik dengan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh yang dilakukan selama masa Pandemi Covid-19 ini.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, perlu adanya kesadaran dari para guru bahwa mereka harus menciptakan suasana Pembelajaran Jarak Jauh yang membuat siswa tertarik akan pembelajaran yang dilaksanakan. Peran guru kepada siswa dalam membangun interaksi saat Pembelajaran Jarak Jauh akan sangat menentukan capaian pembelajaran yang ditargetkan agar tetap sesuai dengan apa yang diharapkan oleh mereka merupakan suatu tantangan tersendiri di masa Pandemi Covid-19 ini. 

Upaya yang dapat dilakukan oleh guru salah satunya adalah dengan memanfaatkan media sebagai aplikasi pembelajaran bagi siswanya. Berikut merupakan beberapa Aplikasi yang dapat digunakan guru sebagai media pembelajaran saat melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh :

1. Google Classroom dan Google Form 

Google Classroom dapat memudahkan guru dalam beberapa kegiatan pengkoordinasian kelas seperti membuat tugas harian dan melampirkan bahan materi pembelajaran, sedangkan Google Form bisa dimanfaatkan oleh guru untuk membuat presensi siswa dan membuat latihan soal yang dapat diakses oleh mereka, selain itu juga guru bisa memanfaatkan google form untuk membuat soal Penilaian Tengah Semester dan Evaluasi Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh yang dilaksanakan.

2. Canva

Canva merupakan aplikasi untuk mendesain poster, slide presentasi, membuat video pembelajaran dll. Canva bisa dibuat guru untuk membuat media pembelajaran, karena di dalam aplikasi tersebut menyediakan banyak template menarik yang  tersedia dan dapat diakses secara gratis. 

3. Quizizz

Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Penggunaannya sangat mudah dan dapat meningkatkan antusias siswa dalam kegiatan pembelajaran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan