akang Sepuh

Catatan Pilihan

Kopdar Kompasiana di Kawah Ratu, Gunung Salak

20 Maret 2014   22:12 Diperbarui: 24 Juni 2015   00:42 78

Berawal dari keingin saya untuk tracking ke Kawah Ratu,Gn.Salak,bersama teman yang sudah mulai sepuh,seperti yang tertera pada foto dibawah ini.Waktu itu kami naik dari Pasir Reungit,Gn Bunder dan turun di Cidahu,Sukabumi.Saya coba mengajak sahabat Kompasiana Mbak Aryani_yani,barangkali mau ikut dengan acarnya bapak bapak,dan jawabannya ingin  gabung,ingin tahu Kawah Ratu.

Ternyata teman teman saya banyak yang berhalangan karena kesibukan pekerjaannya.Kemudian saya usul bagaimana kalau bersama teman Kompasiana saja trackingnya.

Tanggal 3 Maret 2014,terima sms dari Mbak Aryani,yang isinya merencanakan tracking ke Kawah Ratu,pada tanggal 15 Maret 2014.

Kami belum pernah bertemu atau belum pernah kopdar, padahal kami Kompasianer yang sama sama tinggal di Bogor, dan ternyata di Kelurahan yang sama, kami berinterkasi di Kompasiana,atau "sms"an via hp.

Pada hari Sabtu tanggal 15 Maret 2014,saya, dua orang Kompasianer: Mbak Aryani_yani dan Mbak Ria Astuti, dan dua teman yang lain,ditambah seorang guide,jadi jumlah personilnya enam orang,jam 08:30 pagi memulai pendakian dari Pasir Reungit,Salak Endah,Gn Bunder.Pendakian ke Kawah Ratu kali ini,adalah yang ke sembilan buat saya.Walaupun usia mulai sepuh,rasanya tidak akan pernah bosan berolah raga sambil rekreasi,bercengkrama dengan alam,menghirup udara segar,mendengar gemerciknya air,yang mengalir di kanan-kiri jalan,dan meminumnya langsung dari alam.

Jalur pendakian ke Kawah Ratu dari Pasir Reungit,adalah yang paling ringan,tidak terlalu banyak tanjakan terjal,bila dibandingkan melalui Cidahu, Sukabumi,dan yang paling berat melalui Curug Seribu.

Walaupun begitu kita harus tetap waspada,karena banyak melalui jalur/aliran anak sungai.Ternyata tim kami berjalan cukup cepat,jalur pendakian di lalapnya dalam waktu dua jam.Setelah melewati Kawah Mati I, dan Kawah Mati II,jam 10:30 kami tiba di Kawah Ratu.

Karena masih sering turun hujan,sebelum jam 12:00 siang kami mulai turun,saat perjalanan turun,kami istirahat sekitar setengah jam di sebuah sumber air,menyantap makanan yang kami bawa.Tiba di Pasir Reungit jam 14:00,langsung menuju Curug Ngumpet II, bersih-bersih dan beristirahat sambil menikmati pemandangan air terjun. Jam 16:00, kami pulang ke Bogor.

Alhamdulillahirobbilalamin,  acara Kopdar di Kawah Ratu berjalan lancar.

*). Mohon maaf kopdarnya tidak dilengkapi  foto,mudah-mudahan  Mbak Aryani dan Mbak Ria,membuat    artikel yang dilengkapi hasil jepretannya. Pada pic diatas,saya berada dibelakang berdiri kedua dari kiri,mengenakan kaos warna merah.

Terima kasih telah membaca,dan salam Kompasiana.