Mohon tunggu...
Syarif Yunus
Syarif Yunus Mohon Tunggu... Konsultan - Dosen - Penulis - Pegiat Literasi - Konsultan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Dosen Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) - Direktur Eksekutif Asosiasi DPLK - Edukator Dana Pensiun - mantan wartawan - Pendiri TBM Lentera Pustaka Bogor - Kandidat Dr. Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak - Ketua IKA BINDO FBS Univ. Negeri Jakarta (2009 s.d sekarang)), Pengurus IKA UNJ (2017-sekarang). Penulis dan Editor dari 47 buku dan buku JURNALISTIK TERAPAN, Kompetensi Menulis Kreatif, Antologi Cerpen Surti Bukan Perempuan Metropolis. Penasihat Forum TBM Kab. Bogor, Education Specialist GEMA DIDAKTIKA. Salam DAHSYAT nan ciamikk !!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Waktunya Ngopi di Kopi Lentera, Tempat Ngopi Sambil Baca di Kaki Gunung Salak

18 Mei 2024   10:26 Diperbarui: 18 Mei 2024   10:41 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Survei membuktikan, tiap kali week end, banyak pekerja yang mengalami kelelahan akibat bekerja. Energi dan semangatnya menurun, lelah dan jadinya "mager". Produktivitasnya rendah, bahkan sosialisasi diri pun jadi terabaikan. Kerjanya tiduran, mau keluar rumah pun malas. Merosot lahir dan batin di akhir pekan, tentu tidak baik. Harus di lawan dengan berbagai cara. Agar tetap produktif tapi tetap rileks.

Nah, salah satu cara untuk mengisi waktu di akhir pekan. Ditemukan minum kopi, menjadi salah satu dari tiga cara teratas untuk membangkitkan dorongan energi dan semangat. Selain berjalan-jalan dan membaca buku dengan santai. Minum kopi dianggap mampu membangkitkan semangat dan melawan kemalasan, minimal menghilangkan rasa kantuk. Memang patut dicanangkan prinsip "waktunya ngopi" bagi siapapun untuk menjaga semangat dan energi di akhir pekan.

Untuk memfasilitasi tempat ngopi sambil baca, Kopi Lentera di kaki Gunung Salak Bogor mengkampanyekan "Waktunya Ngopi". Agar setiap orang punya waktu khusus untuk ngopi. Selain giat bekerja dan mencari uang, harus tetap punya waktu untuk ngopi. Waktunya ngopi. Manariknya di Kopi Lentera, kita dapat menikmati kopi atau cemilan ringan sambil membaca buku. Kopi Lentera, diposisikan sebagai kafe literasi. Tempat ngopi dan nongkrong sambil membaca buku. Karena di setiap mejanya, ada buku-buku bacaan. Sambil menikmati pemandangan Gunung Salak Bogor. Bahkan di malam harim bisa menikmati panorama gemerlap Kota Bogor dengan sepoi-sepoi angin malam nan sejuk.  

Kopi Lentera Caf, terletak di lantai 2 Rooftop Baca TBM Lentera Pustaka. Mengusung "kafenya literasi", Kopi Lentera beroperasi 3 hari dalam seminggu. Yaitu 1) Jumat pukul 15.00-23.00 WIB, 2) Sabtu pukul 15.00-23.00 WIB, dan 3) Minggu pukul 10.00-22.00 WIB. Ciri pembeda Kopi Lentera Caf adalah konsep literasinya, "selalu ada buku di meja" yang bisa dibaca setiap pengunjung. Bila tidak mau membaca buku, bisa berdiskusi atau ngobrol seputar buku atau nilai-nilai kehidupan yang bernilai. Bahkan ma uber-aktivitas sosial pun bisa di taman bacaan atau menjadi pengajar gerakan berantas buta akasara atau driver motor baca keliling. opi Lentera Caf tergolong murah dan terjangkau. Silakan dicek di https://www.youtube.com/shorts/AQjE7QTD5Eo atau di IG: @kopilentera.cafe.

Kopi Lentera dikelola oleh relawann TBM Lentera Pustaka, sebagai usaha kecil-kecilan. Agar punya pemasukan untuk ongkos transport dari rumah ke taman bacaan. Di Tengah maraknya kafe-kafe, Kopi Lentera menghadirkann tempat ngopi sambil baca yang agak literat. Agar tidak "melupakan" buku-buku bacaan saat ngopi. Asal dekatv dengan buku, mau dibaca boleh tidak dibaca pun tidak masalah.

Siapapun yang gemar ngopi atau nongkrong, mungkin Kopi Lentera patut dikunjungi dan dicoba. Ngopi yang literat, ngopi sambil baca buku. Karena itu, untuk sahabat atau kaum penikmat kopi yang dekat atau kebetulan berada di area kaki Gunung Salak Bogor atau sedang main dan pelesiran ke Curug Nangka, Curug luhur atau Kawasan wisata Gunung Halimun Salak, ada baiknya mampir dan mencoba sensasi saat ngopi di Kopi Lentera. Yukk ngopi asyik sambil baca buku.

Katakan pada dunia, ini "waktunya ngopi". Salam literasi #KopiLentera #TBMLenteraPustaka #BacaBukanMaen

Sumber: Kopi Lentera
Sumber: Kopi Lentera

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun