Mohon tunggu...
Ajeng KartikaSari
Ajeng KartikaSari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya berusia 18 tahun perempuan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Penyebab Perubahan Sosial pada Diri Manusia

11 Agustus 2022   18:53 Diperbarui: 11 Agustus 2022   19:13 142 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penyebab Perubahan Sosial   Pada Diri Manusia

Manusia pada dasarnya adalah makhluk yang mengalami perubahan maupun perkembangan semasa hidupnya. Dimulai dari bayi, kanak-kanak, remaja, dewasa sampai seterusnya. Dimasa bayi sampai kanak-kanak bimbingan serta perilaku orang tua sangat berdampak pada pertumbuhan sosial seorang anak. 

Dimana pada fase ini ia akan mulai mencontoh hal-hal kecil yang ia lihat maupun mendengar dari orang tuanya. Semisal bahasa sehari-hari yang digunakan dirumah seperti menyapa orang yang lebih tua, ataupun menirukan gaya berbicara orang tua. Tentunya ini menjadi momen pertama kali seorang anak menunjukkan proses bersosial nya. 

Kemudian saat seorang anak masuk pada jenjang pendidikan, baik itu SD, SMP, SMA, hingga seterusnya. Fase kedua ini lebih luas dibanding fase pertama tadi. Dilingkup sekolah akan terlihat bagaimana seorang anak menanggapi perbedaan setiap orang. 

Dan sedikit demi sedikit mulai memahami arti sosial itu sendiri. Tiap tingkatan sekolah akan ada perbandingan perubahan sosial pada diri seorang anak. Karena lingkungan sosial nya pun semakin luas dan pola pikirnya juga semakin terbuka. Sekali lagi bimbingan dan nasihat dari orang tua sangat dibutuhkan. Agar sang anak mampu menetralisir pengaruh buruk dari luar.

Dalam kehidupan bermasyarakat kita dituntut untuk mengedepankan etika dan moral yang baik. Sejatinya masyarakat adalah guru yang sebenar nya dalam kultur sosial. Disana terdapat beragam karakter yang terhimpun dalam satu wilayah. 

Lain halnya jenjang sekolah kita hanya beradaptasi dengan guru namun selebihnya hanyalah teman sebaya yang notabene nya masih sama-sama bertumbuh. Ketika kita sudah dewasa pemikiran untuk masa depan pun tak terelakkan. 

Dimana kita akan berpergian untuk sekedar mancari nafkah hidup. Ditempat baru dan tentunya orang-orang yang baru pula. Namun di fase ketiga ini pemikiran subyektif kita akan lebih dominan ketimbang masukan dari orang-orang sekitar kita. Karna kita mulai berfikir atas pertimbangan diri kita sendiri dengan mengedepankan sisi rasionalitas.

      Pada akhrinya menurut pandangan saya penyebab terjadinya perubahan sosial pada diri manusia dibagi menjadi tiga fase :

1. Rumah
2. Sekolah
3. Masyarakat

Namun yang ingin penulis garis bawahi adalah baik dan buruk nya seorang manusia adalah pilihan namun manusia yang berkarakter dan berTuhan itu adalah keharusan. Karna pada dasarnya setiap insan dalam perjalanan sosial nya boleh saja tersilap salah dan dosa. Oleh karenanya karakter itulah manusia akan mengakui setiap kesalahan nya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan