Mohon tunggu...
Ainun Mardiah Lubis
Ainun Mardiah Lubis Mohon Tunggu... Mahasiswi Ekonomi Islam

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Prodi Ekonomi Islam

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Dampak Negatif dan Positif Pandemi Covid-19 bagi Dunia Pendidikan

21 Januari 2021   18:28 Diperbarui: 21 Januari 2021   18:33 665 4 0 Mohon Tunggu...

Oleh : Dedi Irwan Saujana Daulay, Mahasiswa STAIN MADINA

Pandemi Covid-19 yang masih saja menjadi perbincangan didunia, khususnya di Indonesia, pemerintahan melakukan berbagai upaya terus menerus agar dapat mengakhiri masa pandemi Covid-19 yang sudah menghambat seluruh sektor kehidupan termasuk pemdidikan.

Ditengah pandemi yang terus meraja rela, dunia pendidikan harus terus berjalan agar tidak  berdampak buruk bagi pelajar,karena kita semua tidak ingin Covid-19 mengancam dunia pendidikan.

Berbicara dunia pendidikan,tentu tidak lepas dari pemikiran kita yaitu tentang ilmu pengetahuan. Di mana ilmu pengetahuan berperan besar dalam menciptakan generasi penerus yang mempunyai kreativitas yang tinggi sehingga mampu menciptakan penemuan-penemuan yang baru.

Pandemi Covid-19 menimbulkan kekhawatiran sekaligus tantangan,khususnya bagi pelajar. Sebagaimana  kita melihat dari sudut pandang umum saat ini,dimana pandemi Covid-19 banyak menimbulkan ancaman bagi dunia pendidik. (Rinaldi, 2020)

Pandemi Covid-19 ini banyak sekali menimbulkan dampak negatif bagi pendidikan yang mana pelajar harus menjalani metode pembelajaran jarak jauh sehingga menimbulkan dapak negatif sebagai berikut (Trisnadewi, 2020)

Penurunan Hasil BelajarDimana pelajar akan menjadi bosan dikarnakan melakukan pembelajaran via daring sehingga menimbulkan rasa malas yang dapat menurunkan hasil belajarnya.

Kurangnya sosialisasi antar pelajar,Dimana pelajar yang jarang bertemu dengan teman sekelasnya sehingga dapat mengurangi sosilisai antara mereka.

Resiko kehilangan pembelajaran,Dimana siswa sangat amat beresiko kehilangan pembelajaran karena diakibatkan ganguan jaringan.

Ancaman putus sekolah,Pelajar beresiko putus sekolah lantaran terpaksa bekerja demi membantu perekonomian keluarga.

Kurangnya penguasaan menggunakan teknologi,Pembelajaran sistem online tentu tidak seluruhnya paham dengan penggunaan teknologi terutama guru-guru yang menjelang pensiun dan pelajar yang tinggal dipelosok desa dengan tidak adanya sarana dan prasarana yang mendukung pembelarajan online.Pandemi Covid-19 selain dilihat membawa begitu banyak dampak negatif, ternyata juga dapat membawa dampak positif bagi dunia pendidikan. Dimana dampak positif ini bisa memotivasi siswa untuk melewati masa-masa sulit agar tetap fokus dalam menggapai tujuan utama dalam pendidikan. Yaitu:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN