Mohon tunggu...
Ahmad Haryanto
Ahmad Haryanto Mohon Tunggu... Pemadam Kebakaran - Menjadi Manusia yang Bermanfaat

Let's Share knowledge Mahasiswa Angakatan Pertama Semester Genap Fakultas Teknik Program Studi PJJ Sistem Informasi Universitas Siber Asia Cyber Asia University

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Teamwork Management

26 Juli 2021   00:07 Diperbarui: 26 Juli 2021   01:25 31 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Teamwork Management
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Leadership

Kepemimpinan bukanlah tentang tindakan penobatan yang mulia. Ini tentang menjaga tim Anda tetap fokus pada tujuan dan termotivasi untuk melakukan yang terbaik untuk mencapainya, terutama ketika taruhannya tinggi dan konsekuensinya sangat penting. Ini tentang meletakkan dasar untuk kesuksesan orang lain, dan kemudian berdiri kembali dan membiarkan mereka bersinar. ” - Chris Hadfield, astronot dan mantan Komandan Stasiun Luar Angkasa Internasional.Apa yang membuat seorang pemimpin hebat? Ketika Chris Hadfield memimpin Stasiun Luar Angkasa Internasional, dia belajar bahwa ini bukan tentang mencari kehebatan individu untuk membuat diri Anda terlihat baik. Sebaliknya, dia menemukan bahwa kepemimpinan yang sangat baik adalah tentang membangun orang-orang di sekitar Anda: mempercayai mereka, memberdayakan mereka, dan pada akhirnya, memungkinkan mereka untuk menyumbangkan keahlian mereka sehingga tim dapat menjadi lebih dari sekadar bagian-bagiannya. Pentingnya kerja tim dan kepemimpinan Jadi mengapa kerja tim dan kepemimpinan penting? Bersama-sama mereka memberikan kejelasan untuk tim Anda dan berdampak langsung pada visi perusahaan. Tapi seperti apa dalam praktiknya? Tindakan apa yang dapat Anda lakukan setiap hari untuk membantu tim Anda sukses? Berikut sepuluh cara untuk membantu tim Anda menjadi lebih baik.

Memupuk komunikasi

Terbuka dan jujur Ciptakan lingkungan di mana keterbukaan dan kejujuran dalam semua aspek komunikasi didorong. Minta orang-orang untuk berbagi pandangan mereka dan bicarakan tentang rintangan di jalan mereka. Minta - dan dengarkan - tanggapan. Yang terpenting, pastikan anggota tim Anda memiliki jalur yang jelas ke pintu Anda jika mereka membutuhkannya. Terkait: Cobalah 5 kemenangan cepat ini untuk membuat tim Anda lebih transparan.

Tujuan kolaboratif

Pada awalnya, tujuan harus ditetapkan dan ditentukan dengan jelas. Melakukan hal ini dengan benar pada awalnya mungkin membutuhkan sedikit waktu dan perencanaan ekstra, tetapi ini akan menghasilkan keuntungan yang besar. Untuk hasil terbaik, tim perlu membeli tujuan (jadi rencanakan bersama), setiap orang yang terlibat perlu diselaraskan pada seperti apa kesuksesan itu (jadi uraikan KPI terperinci di awal), dan pemimpin perlu mengakui dan mendukung tim selama proses (jadi sering-seringlah memeriksa dan menawarkan panduan jika diperlukan). Terkait: Tetapkan tujuan Anda dengan cara yang benar dengan lembar contekan ini, atau baca ebook kami.

Rayakan kesuksesan

Jangan pernah lupa untuk memuji ide bagus atau target yang dicapai. Bagikan kesuksesan tim Anda dengan perusahaan secara luas dan perjuangkan mereka menuju kepemimpinan. Untuk kemenangan besar, Anda bahkan dapat mengatur makan siang atau makan malam di mana setiap anggota tim dapat berbagi pencapaian tersebut. Bagaimanapun Anda memilih untuk menandai momen tersebut, lakukanlah bersama-sama. Terkait: Bagaimana mengungkapkan rasa terima kasih kepada tim Anda dan membangun budaya apresiasi.

Solusi

Izinkan anggota tim untuk memecahkan masalah Alih-alih memaksakan solusi, dorong anggota tim untuk bertukar pikiran dan memberikan saran mereka sendiri. Dengan memberi ruang bagi tim Anda untuk menemukan solusi yang tepat dan mengusulkan ide-ide mereka, Anda dapat memberdayakan mereka untuk berpikir kreatif, mengembangkan kepercayaan diri, dan menumbuhkan rasa memiliki.

Pelatihan

Kemampuan tidak hanya membantu anggota timnya untuk melakukan tugasnya saat ini. Mereka membantu mereka mengidentifikasi ruang untuk kemajuan, sehingga mereka dapat mengembangkan keterampilan mereka - dan memajukan karier mereka. Dukung tim Anda dengan memberi mereka sumber daya yang mereka butuhkan untuk unggul dan mencapai level berikutnya. Terkait: Kiat lainnya tentang bagaimana Anda dapat mempertahankan bakat terbaik Anda.

Tanggung Jawab

Di masa Anda sebagai pemimpin, banyak hal tidak selalu berjalan mulus dengan sempurna. Anda bahkan mungkin melakukan beberapa panggilan buruk. (Hei, Anda hanya manusia.) Saat ada yang salah - saat proyek keluar jalur, saat cakupan tibatiba berubah, saat hal tak terduga terjadi - Anda harus menghadapinya langsung. Bertanggung jawab dan bekerja sama dengan tim Anda untuk mengatasi masalah dan kembali ke target.

Balance

Anda harus menjaga keseimbangan antara memperbesar detail dan memperkecil untuk melihat gambaran besarnya. Dengan kata lain, Anda perlu memastikan tim Anda menyelesaikan tugas sehari-hari tanpa melupakan tujuan menyeluruh yang sedang Anda kerjakan, dan bagaimana Anda berkontribusi. Ini adalah tindakan penyeimbangan, tetapi ini adalah salah satu yang perlu dipelajari oleh setiap pemimpin.

Empati

Menurut penulis kepemimpinan inspirasional Simon Sinek, empati "adalah instrumen terpenting dalam kotak peralatan pemimpin." Cukup bertanya, "Apakah semuanya baikbaik saja?" menunjukkan bahwa Anda peduli dengan anggota tim dan membantu membangun hubungan. Terkait: Lebih banyak pelajaran yang telah kami pelajari tentang bekerja dengan orang.

Relationship

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN