Mohon tunggu...
Ahmad Aunullah
Ahmad Aunullah Mohon Tunggu... Pelaku Wisata

Pelaku wisata yang tidak suka berada indoor terlalu lama. Berkantor di Lombok, bertempat tinggal kebanyakaan di laut.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Liburan atau Wisata?

23 Februari 2021   16:45 Diperbarui: 23 Februari 2021   17:22 38 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Liburan atau Wisata?
Atraksi Budaya Sumbawa (foto: Erry M Subhan)

Dua kata ini memang sama-sama menunjukan waktu dimana kita keluar dari rutinitas sehari-hari, akan tetapi bila kita mengacu kepada aktivitas dan destinasi maka kedua kata ini memiliki makna yang berbeda.

Keluar dari rutinitas berarti kita tidak melakukan kegiatan yang sehari-hari kita lakukan seperti bekerja dan ketika pada hari libur nasional atau mengambil cuti.

Kegiatan diluar rutinitas ini sangat berbeda-beda bagi setiap orang, ada yang hanya berpergian ke mal, menonton bioskop, menginap di hotel bersama keluarga dan ada yang berpergian ke luar kota.

Jika kita berlibur, bisa juga kita hanya berdiam diri di rumah, menonton TV, mendengarkan musik atau membaca buku/novel dan lainnya karena ini semua juga merupakan aktivitas diluar rutinitas kita sehari-hari.

Alangkah lebih baiknya jika kita langsung mengartikan kedua kata ini dalam contoh-contoh berikut ini yang dapat memberikan kita gambaran serta memudahkan kita untuk melihat perbedaan arti kedua kata ini.

Jika musim liburan sekolah tiba seperti akhir tahun misalnya, beberapa dari kita mungkin berpergian bersama anggota keluarga kita ke sebuah tempat untuk menghabiskan waktu bersama yang jarang dapat dilakukan dalam sehari-hari.

Kita mengambil contoh pertama ketika tujuan yang dipilih adalah Singapore misalnya, apa yang kita lakukan disana kemungkinan melihat-lihat (sightseeing) serta berbelanja dan mungkin ke tempat-tempat hiburan lainnya seperti Pulau Sentosa.

Kegiatan yang kita lakukan di Singapore adalah kegiatan liburan dimana semua itu merupakan kegiatan-kegiatan yang sebenarnya kita bisa lakukan di kota tempat kita tinggal hanya saja mungkin terdapat perbedaan dalam hal nuansa dan suasana serta hal lainnya karena kita berada di ruang dan waktu diluar dari sehari-hari kita berada.

Contoh kedua misalnya ketika kita memilih Yogyakarta atau Turki sebagai tujuan dimana kegiatan-kegiatan yang kita lakukan bisa jadi sama dengan di Singapore namun ditambah dengan beberapa kegiatan lainnya yang ditawarkan oleh destinasi tersebut.

Kegiatan kegiatan lainnya ini merupakan ciri khas dari daerah yang kita kunjungi tersebut seperti kebudayaan, adat istiadat, kuliner dan masih banyak lagi.

Keunikan merupakan simbol perbedaaan antara satu dengan yang lainnya dan dalam hal kegiatan selama liburan, ciri khas sebuah tempat menjadi kita bisa merasakan perbedaan antara tempat kita berasal dengan kota atau tempat kita mengisi liburan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x