Mohon tunggu...
Ahmad Aunullah
Ahmad Aunullah Mohon Tunggu... Pelaku Wisata

Pelaku wisata yang tidak suka berada indoor terlalu lama. Berkantor di Lombok, bertempat tinggal kebanyakaan di laut.

Selanjutnya

Tutup

Travel

Upacara Pernikahan di Kapal Pinisi

20 Februari 2019   23:09 Diperbarui: 20 Februari 2019   23:29 0 0 0 Mohon Tunggu...
Upacara Pernikahan di Kapal Pinisi
Sumber: WisataPremium.com

Jika menikah dengan menyewa gedung mungkin sudah biasa, tapi pernah bayangkan mengadakan pernikahan diatas kapal sambil berlayar di Taman Nasional Komodo  sambil sekaligus berbulan madu ?

Kapal pinisi yang dahulunya dijadikan alat transportasi antar pulau dan mencari ikan, kini oleh beberapa investor yang kebanyakan orang asing, disulap menjadi kapal untuk mengangkut turis dan bahkan beberapa selebriti dunia yang melakukan pelayaran di Taman Nasional Komodo. Kapal pinisi juga sering dijadikan private trip berlayar bagi beberapa orang, tidak hanya ke Labuhan Bajo tapi juga ke Raja Ampat dan tempat lainnya di Indonesia.

Mengadakan pernikahan di atas kapal ini mungkin tidak dapat dihadiri oleh banyak orang dikarenakan kapasitas kapal ini yang hanya dapat memuat 14 orang di 7 cabin yang dimiliki yang diantaranya ada 1 Master Cabin yang selain memiliki luas kabin yang lebih dari kabin lainnya juga ada teras pribadi dengan pemandangan laut. Acara Wedding Ceremony diatas kapal ini bisa dilakukan untuk yang memang menginginkan sebuah upacara pernikahan yang hanya dihadiri oleh kalangan atau keluarga terdekat saja atau private.

Untuk urusan bulan madu tidak perlu dipusingkan dengan perencanaan berminggu-minggu karena di Taman Nasional terdapat banyak destinasi yang siap menyambut pengantin baru untuk berbulan madu, salah satunya adalah berada disebuah pantai selama beberapa jam hanya berduaan saja dengan segala kebutuhan yang akan disiapkan seperti snack dan minuman. Cukup romantis bukan ?

Memiliki pantai berduaan selama beberapa jam (sumber: instagram.com/liburanpremium)
Memiliki pantai berduaan selama beberapa jam (sumber: instagram.com/liburanpremium)
Biaya untuk menyelenggarakan Wedding Ceremony di kapal pinisi ini memang tidak murah karena selain harus charter kapalnya juga ada beberapa persiapan yang harus dilakukan oleh pengelola kapal. Untuk biaya charter biasanya dihitung berdasarkan jumlah malam berlayar sehingga bila kita berlayar dengan 14 orang atau sesuai dengan kapasitas kapal tersebut, biaya dapat terasa agak ringan.

Biaya charter kapal pinisi di Labuhan Bajo cukup bervariasi sesuai dengan yang dipatok oleh pihak pengelola kapal yang bersangkutan, tapi berdasarkan pengetahuan penulis, harga di mulai dari Rp. 50,000,000 hingga ada yang Rp. 270,000,000 per malam untuk kapal yang memang memiliki interior dan 'features' keamanan yang paling baik dikelasnya.

Private Dinner (sumber: instagram.com/liburanpremium
Private Dinner (sumber: instagram.com/liburanpremium
Sedangkan untuk kapal sesuai di foto ini adalah sekitar Rp. 187,500,000 per malam dengan 7 cabin dan berbagai fasilitas seperti alat snorkeling, massage, dan wisata ke Komodo nya itu sendiri.

Dan sepengetahuan penulis juga memang untuk trip dengan kapal pinisi ini tidaklah murah dengan berbagai fasilitas dan pelayanan yang diberikan oleh pengelola kapal karena yang mereka ingin berikan memang adalah sebuah pengalaman dan sensasi yang sangat berbeda dalam menikmati keindahan alam Indonesia dalam sebuah pelayaran khusus.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x